Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Kuningan Bisa Turunkan Penerbangan Internasional

Kompas.com - 17/07/2009, 12:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat penerbangan Dudi Sudibyo mengatakan, akan ada penurunan volume penumpang untuk penerbangan rute internasional, terkait ledakan di Mega Kuningan yang diduga akibat bom. Tapi, volume penumpang itu hanya akan turun sedikit.

"Tentu akan ada kekhawatiran dari warga negara asing untuk terbang ke Indonesia, sebelum jelas apa penyebab ledakan. Tapi, saya yakin kondisi (penerbangan) segera membaik," kata Dudi, Jumat (17/7) kepada Kompas.

Sebenarnya, grafik jumlah penumpang internasional terus meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2008 lalu, tercatat 4,1 juta orang, tahun 2007 tercatat 2,99 orang, tahun 2006 tercatat 2,73 juta orang.

"Kini yang terpenting, maskapai juga memainkan peran sebagai public relation yang baik bagi Indonesia," kata Dudi. Indonesia tak hanya Jakarta, tetapi juga ada tujuan menuju Bandung, Yogyakarta, dan tentu saja Bali.  

Penerbangan internasional, memang tak hanya dari atau menuju Jakarta, tapi ada pula Kuala Lumpur-Bandung, Denpasar-Osaka, Singapura-Denpasar, Denpasar-Perth, Medan-Kuala Lumpur, Kuala Lumpur-Yogyakarta, hingga Pontianak-Kuching.     

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com