Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Pekerja "Outsourcing" Putus Kerja

Kompas.com - 16/07/2009, 04:05 WIB

 

Medan, Kompas - Efisiensi yang dilakukan banyak perusahaan di Sumatera Utara telah membuat ribuan pekerja outsourcing di Sumut putus kerja selama bulan Januari hingga Juli pada tahun ini. Adapun jumlah pemutusan hubungan kerja pada karyawan tetap mencapai puluhan orang.

Sekretaris Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut Laksamana Adiyaksa, Rabu (15/7), mengatakan, meskipun kondisi perekonomian secara makro belum membaik, jumlah pemutusan hubungan kerja (PHK) untuk karyawan pada semester ini tidak banyak terjadi. Jumlah karyawan yang di-PHK tidak terlalu signifikan dibandingkan dengan jumlah PHK yang terjadi pada bulan Januari 2009 yang mencapai sekitar 1.000 karyawan.

Industri di Sumut yang berbasis komoditas, lanjut Laksamana, masih bisa bertahan meskipun kondisi perekonomian secara makro belum membaik. ”Secara umum PHK menurun. Ribuan karyawan yang dirumahkan juga sudah mulai bekerja kembali, seperti di PT Cipta Rimba Jaya,” tutur Laksamana.

Banyak perusahaan yang bertahan dengan mengembangkan pasar dalam negeri dan pasar luar negeri yang belum tergarap seperti ke Afrika.

Jika ada PHK seperti kasus buruh PT WRP Multi Corpora yang masih bertahan berdemonstrasi di DPRD Sumut, Laksamana lebih melihat sebagai masalah internal perusahaan, bukan masalah perekonomian secara makro.

”Kami tidak bisa ikut campur menangani mereka kalau tidak ada permintaan,” kata dia.

Koordinator Wilayah Serikat Buruh Sejahtera Indonesia 1992 Sumut Pahala Napitupulu, dalam berbagai kesempatan, mengatakan, buruh outsourcing harus dihapuskan untuk lebih menghargai nilai tenaga kerja dalam proses produksi. (WSI)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com