Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reinkarnasi

Kompas.com - 19/06/2009, 05:11 WIB

Bagi Nokia, pembuat ponsel terbesar asal Finlandia, inovasi menjadi kunci penting menghadapi persaingan yang serius dan mencekam di tengah resesi dunia sekarang ini. Kehadiran berbagai seri ponsel baru, seperti iPhone buatan Apple ataupun merek buatan China, menjadi ancaman.

Kehadiran ponsel terbaru, seperti iPhone 3Gs yang diumumkan Apple pekan lalu atau berbagai seri Blackberry buatan RIM asal Kanada, dan beragam ponsel merek China memang secara perlahan menggerogoti pangsa pasar yang didominasi Nokia selama beberapa tahun terakhir ini.

Memang masih panjang perjalanan untuk merebut pangsa pasar yang dikuasai Nokia selama ini, terutama berkaitan dengan inovasi teknologi, walaupun secara rancang desain banyak perusahaan ponsel bermunculan dengan desain yang lebih futuristik disertai dengan kendali menu yang juga sangat bersahabat dengan penggunanya.

Seri N

Menghadapi persaingan yang semakin mengancam, Nokia pun perlu menggelar beberapa ponsel baru, seperti N97, yang akan diluncurkan pekan depan, dan sebelumnya di Singapura mengumumkan ponsel seri E72 sebagai penerus Nokia E71 yang sangat andal dan cocok bagi pengguna berat dengan mobilitas yang tinggi.

Nokia N97 termasuk ponsel cerdas, unik secara desain ataupun teknologi, menyesuaikan lingkungan penggunanya. Menggunakan layar sentuh ukuran 3,5 inci (diagonal 8,9 cm), N97 mampu tampil dan bersaing dengan iPhone yang dikenal sebagai pelopor ponsel touchscreen dengan daya tarik konsumen yang luar biasa.

Walaupun terlambat memperkenalkan gabungan ponsel layar sentuh dengan papan ketik QWERTY yang disembunyikan N97 dibalik layarnya, mereka yang terbiasa dengan menu Nokia dan menjadi penggemar seri Communicator akan melihat ponsel terbaru asal Finlandia ini sebagai sebuah reinkarnasi.

Yang sangat memukau adalah ponsel N97 ini memiliki kapasitas memori internal sebesar 32 GB dan kemampuan kamera digital dengan resolusi 5 megapiksel. Jadi, para penggemar dan aktivis Facebook bisa memanfaatkannya untuk terus menerus terakses dalam sistem jaringan sosial digital yang sangat populer itu.

Desain ringkas dan inovatif menjadikan N97 lebih mudah lagi digunakan dengan fitur pembaruan (update) isi, perangkat lunak, dan firmware secara online tanpa harus terhubung ke komputer. Nokia N97 adalah reinkarnasi Communicator sehingga tidak heran kalau kendali kursor yang selalu di kanan sekarang ada di kiri untuk mengingatkan ponsel ini adalah seri N buka seri E. (rlp)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com