Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deklarasi Damai di Jatim Ditandatangani Tim Sukses

Kompas.com - 09/06/2009, 20:39 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Deklarasi kampanye damai untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden di Jawa Timur dilangsungkan di Hotel Equator, Surabaya, Selasa (9/6). Deklarasi berisi janji setiap tim sukses untuk berkampanye dengan tertib, damai, dan santun.

Deklarasi dibacakan anggota KPU Jatim Agung Nugroho dan diikuti ketua dan sekretaris setiap tim sukses. Dalam deklarasi, diucapkan pula janji untuk mengikuti semua aturan perundangan. Semua tim sukses juga menyatakan siap menang, siap kalah, dan siap mendukung pihak yang menang.

Deklarasi itu ditandatangani Suhandoyo-Tjutjuk Sunario dari tim Mega Pro, Surawi-Pungki Sukmawati dari tim SBY-Boediono, dan Kuswanto-Samsul Arifin dari tim JK-Wiranto.

Deklarasi damai di Jatim dilaksanakan sehari sebelum waktu yang diinstruksikan KPU, yakni tanggal 10 Juni. Sebab, pada 10 Juni terdapat peresmian Jembatan Suramadu sehingga Muspida Jatim serta tim sukses akan lebih mengutamakan peresmian jembatan sepanjang 5,4 km itu.

Sementara itu, KPU Kabupaten Mojokerto membatalkan sementara deklarasi damai sampai ada kepastian anggota KPU Kabupaten Mojokerto. "Anggota KPU Kabupaten Mojokerto saja belum jelas, jadi saya tunda saja sampai sudah pelantikan," kata Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Didik Hendro. Penetapan anggota KPU Kabupaten/Kota di Jatim berlangsung berlarut-larut sampai sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com