Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deptan Beri Stimulus Rp 60 Miliar untuk Jalur Distribusi CPO dan Karet

Kompas.com - 08/06/2009, 12:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Departemen Pertanian akan memberikan stimulus sebesar Rp 60 miliar untuk perbaikan jalur distribusi minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan karet.

"Stimulus tersebut dimaksudkan untuk membangun jalur distribusi CPO dan karet. Kemarin memang ada hambatan, tapi sekarang semoga disetujui oleh DPR," ujar Achmad Manggabarani, Dirjen Perkebunan Departemen Pertanian, yang ditemui setelah peluncuran Program Restrukturisasi Mesin/Peralatan Pabrik Gula, di Gedung Departemen Perindustrian, Senin (8/5).

Menurut Achmad, dengan perbaikan jalur tersebut diharapkan distribusi kedua produk tersebut akan menjadi lebih cepat, dan bea angkut pun menjadi turun. "Harga kelapa sawit juga akan bagus, tidak ada lagi tambahan biaya angkut," kata Achmad.

Lebih jauh ia mengatakan, proyek tersebut akan dilakukan di daerah Sumatera dan Kalimantan, dengan fokus pada 11 titik lokasi inti plasma. Untuk pengerjaan proyek tersebut dilakukan secara padat karya. "Dengan begitu, akan menyerap tenaga kerja yang lebih banyak lagi," kata dia sambil menerangkan bahwa proyek ini diharapkan dapat rampung tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com