Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waduh, Orang Gendut Makin Banyak!

Kompas.com - 06/05/2009, 20:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Angka penderita obesitas di Indonesia selalu naik dari tahun ke tahun. Prevalensi obesitas di perkotaan 1,1 persen sedangkan di pedesaan sebesar 0,7 persen. Sepuluh tahun kemudian, angka itu meningkat jadi 5,3 persen di kota dan 4,3 persen di desa.

Demikian disampaikan ahli gizi medik dr Fiastuti Witjaksono, mengutip sensus Kesehatan Nasional tahun 1989 di Jakarta, Rabu (6/5).  

Pada tahun 2004, Himpunan Studi Obesitas (Hisobi) menemukan prevalensi obesitas meningkat menjadi 9,16 persen pada pria dan 11,02 persen pada wanita. Bahkan, bila dilihat dari ukuran lingkar pinggang, sebanyak 41,2 persen pria mengalami obesitas karena lingkar pinggangnya melebihi 89 sentimeter, sedangkan 53,3 persen perempuan obesitas karena lingkar pinggangnya lebih dari 79 sentimeter.

Kepala Divisi Pusat Riset Nutrifood Susana menyatakan, selain obesitas, gaya hidup perkotaan juga mengakibatkan terjadinya fenomena TOFIthin outside, fat inside (tampak kurus tetapi banyak lemak di dalam tubuh). Meski bentuk tubuhnya terlihat ideal, bahkan kurus, namun kadar lemak dalam tubuhnya ternyata melebihi normal.

Karena itu, kita perlu memperhatikan tiga aspek penting untuk memiliki tubuh yang sehat, yaitu konsumsi makanan seimbang, olahraga teratur, serta istirahat yang cukup, ujarnya. Dengan menerapkan gaya hidup sehat melalui pola makan gizi seimbang, tentu permasalahan kelebihan dan kekurangan berat badan makin berkurang, sehingga kita bisa menikmati hidup sehat lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com