Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Ekspedisi Menuju Bumi Bung Karno

Kompas.com - 28/04/2009, 06:36 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Pagi ini, Selasa (28/4), tim Ekspedisi Susur Selatan Jawa 2009 Harian Kompas, melanjutkan perjalanan jurnalistiknya menuju Blitar, Jawa Timur. Tim diawaki oleh para wartawan yang menempati Biro Kompas Jawa Timur.

Rencananya tim langsung menuju sentra produksi telur ayam yang saat ini cenderung mulai bergeser ke arah Malang. Selain itu juga melakukan eksplorasi kawasan sentra industri perkebunan jagung.

Tim lainnya berbagi menuju Candi Penataran yang merupakan kompleks candi terbesar di Jatim di sebelah utara Blitar, tepatnya di lereng barat daya Gunung Kelud. Candi ini mulai dibangun sejak kerajaan Kadiri dan dipergunakan hingga kerajaan Majapahit. Candi Penataran ini melambangkan penataan pemerintahan kerajaan-kerajaan yang ada di Jawa Timur.

Lalu, perjalanan dilanjutkan ke Goa Umbultuk yang lantai dasarnya terdapat sungai bawah tanah aktif mengalir di Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan. Goa dan kawasan perbukitan tandus di Blitar juga mengingatkan kisah para pelarian orang-orang PKI yang akan digali oleh tim ekspedisi. Selain itu juga digali kisah Bung Karno yang menjadi magnet Blitar.

Orang mengenal kota ini tidak lepas dari nama besar proklamator RI. Wisatawan dipastikan ramai berziarah ke makam Bung Karno serta mengunjungi perpustakaan dan museumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com