Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Partai, 4 Bersaudara Jadi Anggota DPR

Kompas.com - 22/04/2009, 09:10 WIB

PASURUAN, KOMPAS.com — Dari hasil rekapitulasi KPU Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim), Selasa (21/4), empat bersaudara kandung dari keluarga Zainal Abidin, peternak sapi perah di Grati yang maju menjadi calon legislator (caleg) pada Pemilu 2009, dipastikan bakal menjadi anggota DPRD Kabupaten Pasuruan dari partai berbeda.

Keempat bersaudara tersebut adalah Rias Nawang Kartika (PDI-P), Rias Judikari Drastika (Golkar), Amir Ragil (PKB), dan Evi Zainal Abidin (Demokrat).

Ketiga kakak beradik Rias Nawang Kartika, Amir Ragil, dan Evi Zainal Abidin berangkat dari Dapil Pasuruan V, sementara Rias Judikari Drastika dari Dapil Pasuruan I.

Bahkan, jika dirunut lagi jumlah keluarga Zainal Abidin yang bakal duduk di DPRD Kabupaten Pasuruan itu tidak cuma empat bersaudara itu, masih ada satu lagi menantunya, Udik Januantoro, suami dari Rias Judika Drastika, juga berangkat dari Golkar di Dapil Pasuruan V.

Evi Zainal Abidin yang ditemui di sela-sela rekapitulasi hasil pemilu di KPU Kabupaten Pasuruan mengatakan, niat menjadi seorang legislator berangkat dari kegiatan sehari-harinya sebagai manajer Koperasi Susu “Suka Makmur”, Grati.

Menurut dia, keempat saudaranya, termasuk saudara iparnya, mengawali kiprah karier mereka dari peternak sapi perah. Keuletan keluarga Zainal Abidin dalam beternak sapi perah itu kemudian mengantarkannnya menjadi pengurus koperasi susu dengan berbagai prestasi.

Dari pengalaman memimpin para peternak sapi perah dengan berbagai permasalahannya itu yang kemudian mendorong keluarga Zainal Abidin maju menjadi seorang legislator dengan harapan akan bisa lebih memperjuangkan nasib para peternak lebih maju lagi.

Evi mengungkapkan, keberangkatan satu keluarga maju menjadi calon legislator lewat partai berbeda bukan semata sebagai pertanda persaingan yang kurang sehat dalam keluarga. Sebaliknya, mereka bermaksud menyusun kekuatan agar dalam memperjuangkan nasib peternak sapi perah di Kabupaten Pasuruan lebih solid, tidak hanya lewat koperasi, tapi juga lewat gedung dewan.

Evi juga mengungkapkan, majunya saudara-saudaranya menjadi calon legislator telah mendapat restu dari orangtuanya. “Ibu telah merestui dan mendoakan anak-anaknya yang maju menjadi calon legislator bisa jadi semua,” kata Evi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com