Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

85 Ibu Menabung di Hari Kartini

Kompas.com - 21/04/2009, 14:46 WIB

TIMIKA, KOMPAS.com — Pada Hari Kartini 21 April ini tercatat sebanyak 85 ibu rumah tangga Suku Kamoro, salah satu suku dari tujuh suku pemilik hak ulayat tambang emas PT Freeport Indonesia (PTFI), menabung di Bank Mega, Timika.
     
"Kami mendampingi ibu-ibu rumah tangga Suku Kamoro di bidang pengembangan ekonomi rumah tangga, khususnya menabung di bank. Tepat Hari Kartini 21 April tahun ini tercatat 85 ibu telah menabung di Bank Mega Timika dan ini merupakan suatu kemajuan dan prestasi dalam pengembangan ekonomi rumah tangga masyarakat tradisional Kamoro," kata pendamping para ibu Suku Kamoro, Suster M Yulita PRR di Timika, Selasa.
     
Suster Yulita mengatakan, apabila di daerah lain kaum perempuan, khususnya ibu rumah tangga, sudah terbiasa dengan menabung uang di bank untuk masa depan keluarga, di Kabupaten Mimika, para ibu rumah tangga Suku Kamoro mulai belajar menabung setelah mereka secara terus-menerus mendapat pendampingan mengenai kegunaan menabung untuk masa depan keluarga.
     
Yulita mengatakan, dibutuhkan waktu cukup lama untuk meyakinkan para ibu rumah tangga bahwa menabung uang di bank itu sangat berguna. Selain untuk mengamankan uang agar tidak mudah hilang dibandingkan dengan menyimpan di rumah, juga melatih para ibu rumah tangga untuk mempersiapkan masa depan keluarga, baik untuk belanja kebutuhan rumah tangga juga membiayai sekolah anak-anak mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com