Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerimaan Pajak Picu Turunnya Target Defisit Anggaran

Kompas.com - 16/04/2009, 20:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Naiknya target penerimaan perpajakan dalam target Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2010 memicu turunnya target defisit anggaran pada tahun 2010 menjadi 1,3 persen dibandingkan defisit tahun ini yang mencapai 2,5 persen.

"Penerimaan pajak tahun depan ditargetkan naik. Karena itu defisit turun jadi 1,3 persen," kata Direktur Jenderal Pajak Darmin Nasution, dik gedung Menko Perekonomian, Jakarta, Kamis (14/4)

Sebelumnya, Pemerintah dalam RKP 2010 mematok defisit anggaran sebesar 1,3 persen. Namun angka tersebut belum final karena pemerintah masih akan menunggu perkembangan penerimaan sampai bulan Agustus mendatang.

Namun, lebih jauh Darmin memperkirakan pertumbuhan penerimaan pajak bukanlah satu-satunya faktor pemicu turunnya defisit 2010 hingga 1,3 persen. "Sebenarnya kan arahnya di 2010 itu pengeluaran pemerintah juga agak direm," tuturnya.

Hal berbeda dikatakan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Anggito Abimanyu. Ia memperkirakan defisit akan lebih dari 1,3 persen, karena pemerintah masih menanggung beban penurunan tarif pajak, pemberian subsidi ditanggung pemerintah (DTP). Selain itu stimulus fiskal untuk tahun 2010 bagi Kementrian/Lembaga (K/L) juga masih diteruskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com