Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Pertama dan Terakhir bagi Serda Maskharebet...

Kompas.com - 07/04/2009, 12:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Eko Prasetyo, masih tidak menyangka kalau adik bungsunya, Serda Maskharebet, justru pergi menghadap Yang Kuasa terlebih dahulu. Serda Maskharebet, prajurit TNI Angkatan Udara (AU) kelahiran 4 mei 1987 ini menjadi salah satu korban dalam kejadian jatuhnya pesawat Fokker-27 milik TNI AU, di Lanud Hussein Sastranegara, Bandung, Senin (6/4).

Eko menceritakan, penerbangan hari Senin kemarin adalah penerbangan perdana bagi bungsu tiga bersaudara itu. "Itu adalah terbang perdananya," ujar Eko lirih. "Dia juga pernah bercerita kalau ia merasa bersemangat sekaligus cemas menghadapi penerbangannya tersebut," imbuh Eko.

Walaupun merasa sangat sedih dan terpukul, Eko berusaha mengikhlaskan kepergian adik laki-lakinya tersebut. "Dia (Maskharebet) masih sangat muda, jalannya juga masih panjang, tapi semuanya Tuhan yang menentukan," kata dia.

Senada dengan Eko, Dwi Retno Astuti (25), kakak kedua dari almarhum, juga telah mengikhlaskan kepergian adik tercintanya. Dwi yang saat ini tengah menjalani Pendidikan Militer TNI Angkatan Darat di Lembang Bandung juga mengaku tidak trauma dengan kejadian yang telah menimpa adiknya. "Jujur, saya memang kehilangan dan sedih, tapi saya sudah mengikhlaskan dan saya siap untuk ditugaskan di mana saja," terang Dwi.

Dalam kesempatan yang sama, Sarbini (50), ibunda almarhum, menceritakan, terakhir kali ia bertemu dengan anak bungsunya tersebut adalah hari Senin pukul 04.00. "Seperti biasa, sebelum berangkat kerja, dia pamit ke saya. Sempat juga ngobrol-ngobrol sebentar, enggak tahunya itu adalah obrolan terakhir dengan dia. Saya enggak ada perasaan apa-apa sebelumnya," ujar Sarbini di tengah isakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com