Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Caleg PKB Mengusung Iklan "Negatif"

Kompas.com - 22/03/2009, 12:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Di antara spanduk yang dibawa di arena kampanye Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Istora Senayan Jakarta, Minggu (22/3), ada yang menyinggung-nyinggung partai lain. Spanduk-spanduk yang dibuat calon legislatif (caleg) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rahmat Hidayat, nomor urut 2 DPRD DKI Jakarta Dapil Jakarta itu secara tersirat menyerang partai lain.

"Bosen ya sama 31, pilih aja satu tiga (13)," begitu bunyi iklan caleg dalam spanduk berukuran 4 x 1 meter yang dipasang di atas pintu masuk B1 Istora Senayan. Dalam pemilu nanti, PKB memang mendapat nomor 13, sementara nomor 31 untuk Partai Demokrat.

Rahmat Hidayat juga mengusung spanduk dengan versi lain di sampingnya dengan ukuran yang sama. Kali ini dengan keyword yang berasosiasi dengan partai lain. "Mana Ada KEADILAN, Apalagi Mau SEJAHTERA. Kalau kita kagak BANGKIT," begitu bunyi iklan spanduk versi kedua yang dipasang di samping spanduk pertama. Keadilan dan Sejahtera adalah dua dari tiga keyword untuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Apakah ini bisa diindikasikan dengan kampanye negatif? Tentu Panwaslu yang bisa menilai meski kedua spanduk tidak secara terang-terangan menyebut partai lawan.

Saat ini, berdasar pantauan Kompas.com, massa sudah semakin memadati tempat duduk Istora Senayan yang berkapasitas sekitar 5.000 orang. Tetapi sebagian juga masih ada yang berkumpul di bawah dan di luar area Istora Senayan. Kampanye yang sebelumnya direncanakan mulai pukul 11.00 molor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com