Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dimulai, Kampanye Damai di Sumbar

Kompas.com - 16/03/2009, 07:17 WIB

PADANG, KOMPAS.com -  Pukul 09.00 hari ini, kampanye damai di tingkat Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang, akan dimulai. Kirab akan dimulai dari Kantor Gubernur Sumatera Barat. Setelah acara pembukaan selesai, rombongan beriringan menuju ke Lapangan Imam Bonjol lewat Jalan Sudirman, Bagindo Azizchan, dan M Yamin.

Setiap parpol berhak mengirimkan 40 orang untuk ikut dalam kirab damai kali ini. Pembatasan itu dilakukan agar iring-iringan peserta Pemilu tidak terlampau panjang dan padat.

Selain diperkenankan membawa satu balaiho, setiap partai politik juga diperkenankan membawa satu mobil bak terbuka dalam kirab damai yang direncanakan mulai pukul 09.00 itu. Peserta kirab yang tidak naik ke mobil bak terbuka, akan berjalan kaki.

Atribut kampanye lain yang diperbolehkan dibawa dalam kegiatan ini antara lain bendera partai yang dibatasi 15 buah per parpol. Untuk DPD, setiap orang berhak membawa 15 bendera bergambar diri serta nama calon.

Kirab damai akan diikuti oleh seluruh pimpinan parpol di tingkat Sumatera Barat dan Kota Padang, calon anggota DPD Sumatera Barat, Gubernur, muspida, Wali Kota Padang, Ketua KPU Sumatera Barat dan Kota Padang, serta Ketua Panwaslu Sumatera Barat dan Kota Padang.

Menyemarakkan kampanye damai, panitia juga menyiapkan balon berlogo partai politik dan gambar wajah anggota DPD. Balon halogen ini akan dilepaskan sebagai tanda peresmian kampanye damai selama masa kampanye terbuka di Sumatera Barat, kata Kepala Bagian Program, Data, Organisasi, dan SDM KPU Sumatera Barat, Firman Abdullah.

Kampanye terbuka dimulai Senin besok hingga tanggal 5 April mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com