Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LSM dan Ormas Desak Mesir Buka Akses Bantuan ke Gaza

Kompas.com - 30/12/2008, 02:02 WIB

JAKARTA, SELASA - Ratusan ribu orang diharapkan ikut aksi damai di depan Kedubes Mesir di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (30/12). Aksi tersebut guna meminta Mesir memberikan akses masuknya bantuan melalui Jalur Gaza bagi rakyat Palestina.

"Kita telah mengumpulkan berbagai LSM dengan tujuan penggalangan solidaritas terhadap serangan biadab Israel yang mengakibatkan setidaknya 300 orang tewas, 2.000 orang luka, dan kemungkinan menyusul korban lainnya, yakni dengan penggalangan dana dan aksi damai di depan Kedutaan Besar Mesir," kata Ketua Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP), Soeripto, di Jakarta, Senin (29/12).

Aksi damai ini diharapkan dikuti 500.000 hingga satu juta orang. Soeripto mengatakan penggalangan dana dari berbagai LSM untuk membantu rakyat Palestina hingga saat ini telah terkumpul Rp1 miliar. Penggalangan dana ini akan tetap berlanjut oleh dari berbagai LSM dan juga para mahasiswa.  Sedangkan aksi damai sendiri dilakukan untuk mendesak Pemerintah Mesir segera membuka satu-satunya akses yang memungkinkan untuk pengiriman bantuan ke Palestina melalui Jalur Gaza.

Temui Menlu

Rencananya, pada Selasa sekitar pukul 11.00, ia bersama dengan beberapa pimpinan LSM akan menuju Departemen Luar Negeri (Deplu) untuk menemui Menlu Hassan Wirajuda agar mau memberikan fasilitas kepada 20 pimpinan LSM dan organisasi masyarakat (ormas) ditambah 100 orang relawan untuk masuk ke Palestina guna pemberian bantuan.

"Kita akan datangi Deplu untuk meminta fasilitas masuk melalui Jalur Gaza memberikan pertolongan. Tim relawan yang ikut terdiri dari dokter, petugas medis dan kemanusiaan lainnya," ujar dia.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, bantuan Rp1 miliar akan dibelikan berbagai keperluan yang dianggap mendesak bagi rakyat Palestina, tidak saja obat-obatan, tetapi juga bahan bangunan untuk membangun fasilitas sekolah hingga umum lainnya.

"Kita tentu tidak akan membawa tunai. Kita akan membelanjakannya di Mesir dan membawanya melalui Jalur Gaza ke Palestina seperti sebelumnya pernah dilakukan," katanya.

Sementara itu, menurut Ketua Harian KNRP, Muqodam, sebelumnya pihaknya telah pernah mengirimkan bantuan barang sebanyak empat kontainer dengan nilai mencapai 3.000 dolar AS pada bulan Mei 2008 lalu melalui Jalur Gaza.

Menurut Muqodam , satu-satunya akses yang memungkinkan bantuan dikirim hanya melalui Mesir, dan sangat tidak wajar jika Pemerintah negara tersebut yang masyarakatnya juga banyak memeluk Islam tetapi justru membantu zionis.

Aksi damai di depan Kedubes Mesir rencananya akan diikuti Center for Meddle East Studies (Comes), Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), Ikatan Dai Indonesia, Bulan Sabit Merah, KNRP dan beberapa LSM dan Ormas lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com