Ngogesa Sitepu/Budiono Menangkan Pilkada Langkat - Kompas.com

Ngogesa Sitepu/Budiono Menangkan Pilkada Langkat

Kompas.com - 24/12/2008, 15:16 WIB

MEDAN, RABU — KPU Langkat mengumumkan secara resmi hasil akhir penghitungan suara pilkada putaran kedua dan menetapkan pasangan Ngogesa Sitepu/Budiono sebagai Bupati dan Wakil Bupati Langkat dengan meraih 239.102 suara atau 58,38 persen.

Ketua KPU Langkat, Sutomo, yang dihubungi Rabu (24/12), mengatakan, pasangan Ngogesa Sitepu/Budiono mengungguli pasangan Asrin Naim/Legimun yang meraih 170.463 suara atau 41,62 persen.

KPU Langkat memberikan kesempatan selama tiga hari kerja kepada pihak pasangan Asrin Naim/Legimun untuk menyikapi hasil akhir tersebut.

Apabila dalam tiga hari kerja tidak ada sanggahan atau gugatan, KPU Langkat akan membuat berita acara hasil akhir penghitungan suara untuk diserahkan ke DPRD dan Pemkab Langkat guna dilanjutkan ke Gubernur Sumut dan Menteri Dalam Negeri untuk proses pelantikan.

Namun, jika ada gugatan maka KPU Langkat akan menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi terlebih dulu sebelum membuat berita acara tersebut. Sedangkan waktu pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Langkat terpilih itu direncanakan akan dilaksanakan pada 20 Februari 2009. "Tanggal itu merupakan masa jabatan terakhir Bupati Langkat saat ini, Yunus Saragih," katanya.

Pilkada Langkat putaran kedua dilaksanakan pada 20 Desember 2008 diikuti pasangan Ngogesa Sitepu/Budiono dan Asri Naim/Legimun, dua pasangan suara terbanyak pada putaran pertama yang dilaksanakan pada 27 Oktober 2008.

Pada putaran pertama, Pilkada Langkat diikuti enam pasangan cabup/cawabup dengan hasil akhir Ngogesa Sitepu/Budiono meraih 117.849 suara atau 28,71 persen dan Asri Naim/Legimun meraih 107.048 suara (26,08 persen) hingga keduanya "bertarung" di putaran kedua.


Editor

Terkini Lainnya


Close Ads X