Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malas Cuci Piring? Biarkan Robot Mengerjakannya

Kompas.com - 19/12/2008, 22:49 WIB

Tentu perasaan malas menghinggapi diri kita apabila memandang tumpukan piring kotor. Bagi mereka yang tak ingin mengotori tangannya, beban ini dialihkan ke mesin pencuci piring atau dish washer.

Namun, sebuah robot baru telah dikembangkan di Jepang sehingga Anda sama sekali  tak harus direpotkan dengan masalah tersebut. Robot yang dikembangkan oleh Panasonic dan Universitas Tokyo ini dirancang untuk membersihkan piring sekaligus meletakkannya ke rak pengering.

Untuk memegang barang pecah belah yang rapuh, kitchen assistant robot (KAR) menggunakan data dari 18 sensor yang dipasang pada telapak tangan dan gambar dari sebuah kamera built-in untuk membedakan benda yang satu dengan lainnya. Robot ini mempunyai lengan dilengkapi dengan 3 sendi yang memungkinkannya memegang piring serta perkakas lainnya dari tempat dan posisi apa pun di dalam bak cuci piring.

Para teknisi sedang mencoba menciptakan robot yang kecil dan ringan yang dapat bergerak dengan cepat untuk membersihkan perkakas yang kotor dalam waktu 5 menit setelah satu keluarga terdiri dari 4 orang selesai menyantap makan malam. Para teknisi yang juga sedang mengembangkan robot pencuci pakaian menjelaskan produk mereka ini akan beredar di pasar dalam 5 tahun mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com