Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takbir Bernuansa Seni Budaya Digelar di Borobudur

Kompas.com - 07/12/2008, 21:05 WIB

MAGELANG, MINGGU - Ratusan seniman dari kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, melakukan takbir menyongsong Idul Adha 1429 Hijriah sambil mengusung patung hewan kurban, Minggu (7/12) malam.

"Ini ajang masyarakat memahami makna Idul adha sebagai pesta kemenangan iman, kebahagiaan," kata Penasihat Komunitas Seniman Borobudur Indonesia (KSBI), Galih Sukmajaya (Gus Galih) didampingi Koordinator KSBI, Umar Khusaeni, di sela memimpin kirab takbir Idul Adha.

Tabir keliling dilakukan mereka dengan umat Islam dari Desa Tingal sekitar 500 meter timur Candi Borobudur antara lain melewati Jalan Balaputra Dewa, Jalan Pramudyawardani, hingga tugu di persimpangan dekat Pasar Borobudur, dan berakhir di Galeri Seni Pondok Tingal, dengan jarak sekitar empat kilometer.

Suasana terlihat meriah, warga sekitar Borobudur yang juga peninggalan peradaban dunia itu menyaksikan kirab takbir yang dikemas seniman Borobudur bernuansa seni itu. Mereka mengusung dengan tandu patung sapi dan kambing relatif besar sebagai simbol hewan kurban, sejumlah seniman lain melakukan atraksi tongkat api, sepak bola api, dan sembur api sepanjang perjalanan takbir.

Ratusan peserta takbir lainnya membawa obor dan melantunkan takbir "Allahu Akbar" secara berulang-ulang. Gema takbir juga terdengar dari masjid dan surau yang ada di sekitar Borobudur.

Iringan tabuhan kenong, bende, tambur, drum, tifa, bedug, dan tiupan seruling bambu mewarnai takbir kurban seniman setempat.

Gus Galih memimpin doa diikuti seniman lain sebelum pelaksanaan takbir kurban itu. "Takbir dalam kemasan seni ini juga menjadi bagian dari syiar Islam, syukur atas Idul Adha," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com