Dua Truk Jamu Ilegal Disita

Kompas.com - 19/11/2008, 20:51 WIB
Editor

SURABAYA, RABU - Dua truk jamu ilegal disita Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Surabaya. Jamu yang diduga mengandung bahan kimia obat (BKO) tersebut disita dari distributor jamu di Jalan Girilaya Surabaya, Rabu (19/11).

"Jamu-jamu tersebut mengandung bahan kimia serta beredar tanpa izin. Padahal jamu seharusnya murni berasal dari bahan-bahan herbal," Harlina Sanadi, ujar Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Surabaya.

Menurut Harlina, jamu-jamu yang ditemukan sangat berbahaya jika dikonsumsi masyarakat karena dosis kimia yang terkandung didalamnya tidak jelas. Dalam beberapa produk bahkan tertera nomor-nomor registrasi fiktif.

Sebelumnya, Selasa (19/11) lalu BPOM juga menyita ribuan obat perkasa yang dilarang beredar karena mengandung bahan kimia berbahaya. Penemuan obat perkasa tersebut terjadi di beberapa distributor dan toko obat di daerah Bratang Binangun, Kapas, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Bintoro, dan mal Galaxy.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.