Ondeh Mandeh, Sumbar Tak Punya Arsip Jam Gadang

Kompas.com - 19/11/2008, 17:55 WIB
Editor

PADANG, RABU - Walaupun menjadi ikon pariwisata Sumatera Barat, rupanya Badan Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Barat tidak mempunyai arsip tentang Jam Gadang di Kota Bukittinggi.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Barat, Eka Nuzla, Rabu (19/11). "Ketika ada mahasiswa yang datang menanyakan arsip Jam Gadang, kami tidak bisa menunjukkannya karena arsip itu tidak ada pada kami," ujar Eka.

Dia mengakui, masih banyak arsip yang tersebar di berbagai pihak. Arsip yang tersimpan di depo Badan Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Barat kebanyakan adalah arsip birokrasi.

Sejumlah arsip tentang Sumatera Barat, menurut Eka, bahkan tersimpan di Belanda. Ketika hendak meminta arsip itu, pihak Belanda enggan menyerahkan ke pemerintah daerah.

"Ketika kami meminta arsip itu, mereka malah bertanya apakah kami siap menyimpan arsip itu," ujar Eka.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.