Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konvoi Warnai Peringatan Tragedi Semanggi

Kompas.com - 09/11/2008, 14:49 WIB

JAKARTA, MINGGU — Memperingati tragedi Semanggi, 10 tahun lalu, Komite 13 November 1998 menggelar aksi demonstrasi dengan konvoi motor dari Tugu Proklamator, Pegangsaan, hingga Kampus Unika Atmajaya, Minggu (9/11).

Mereka menggelar konvoi motor melalui jalur Menteng, Bundaran HI, Imam Bonjol, Matraman, Otista, Casablanca, dan Semanggi. Menurut koordinator aksi, Kristuan Erdiyanto, aksi ini digelar untuk menapak tilas peristiwa tragedi Semanggi.

"Kami di sini mengenang perlakuan TNI saat itu yang mengambil alih polisi untuk mengamankan aksi demo, tetapi justru menuduh mahasiswa yang berkumpul di Atmajaya anarki. Kami minta untuk penuntasan kasus Trisakti serta Semanggi I dan II," tuturnya.

Dalam aksi itu juga diikuti beberapa elemen seperti Jaringan Solidaritas Keluarga dan Korban yang juga menuntut hal yang sama.

Setelah menggelar mimbar bebas selama 15 menit, para peserta memulai konvoi motor dengan dipimpin mobil di depan dan diiringi puluhan motor.

"Saya ingin mewujudkan cita-cita anak saya, Wawan, untuk menegakkan agenda reformasi, salah satunya supremasi hukum. Maka saya mendesak Kejaksaan Agung segera menggelar pengadilan HAM ad hoc untuk mengadili para jendral yang terlibat," ujar Sumiarsih, ibu Wawan, salah satu korban tragedi Semanggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com