Jepang Siapkan Dana Bantu Asia Hadapi Krisis

Kompas.com - 04/11/2008, 10:45 WIB
Editor

TOKYO, SELASA - Pemerintah Jepang kini bersiap-siap untuk menghadapi permintaan bantuan dana dari negara-negara Asia yang terkena dampak dari krisis keuangan global.

Dengan semakin meluasnya krisis keuangan yang bermula dari AS itu, bantuan dari komunitas internasional di perlukan untuk mengatasi krisis yang kini masih berlanjut, demikian NHK di Tokyo, Selasa (4/11).

Pemerintah Jepang meyakini bahwa kondisi yang terjadi saat ini menjadi tangungjawab Jepang, sebagai negara di Asia, untuk ikut membantu perekonomian negara-negara Asia lainnya, sama seperti yang dilakukan negara-negara Eropa ketika membantu Islandia yang nyaris bangkrut akibat krisis keuangan.

Sejauh ini, baru Pakistan dari negara Asia yang membutuhkan bantuan, namun pemerintah Jepang meyakini akan banyak lagi negara Asia yang membutuhkan bantuan paket ekonomi.

Jepang sendiri selalu berkonsultasi mengenai rencananya tersebut dengan pihak-pihak donor internasional seperti Bank Dunia dan lembaga keuangan internasional lainnya.

Paket bantuan ekonomi berupa pinjaman dengan bunga rendah untuk sektor-sektor publik merupakan salah satu pilihan yang akan ditawarkan Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.