Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Siapkan Dana Bantu Asia Hadapi Krisis

Kompas.com - 04/11/2008, 10:45 WIB

TOKYO, SELASA - Pemerintah Jepang kini bersiap-siap untuk menghadapi permintaan bantuan dana dari negara-negara Asia yang terkena dampak dari krisis keuangan global.

Dengan semakin meluasnya krisis keuangan yang bermula dari AS itu, bantuan dari komunitas internasional di perlukan untuk mengatasi krisis yang kini masih berlanjut, demikian NHK di Tokyo, Selasa (4/11).

Pemerintah Jepang meyakini bahwa kondisi yang terjadi saat ini menjadi tangungjawab Jepang, sebagai negara di Asia, untuk ikut membantu perekonomian negara-negara Asia lainnya, sama seperti yang dilakukan negara-negara Eropa ketika membantu Islandia yang nyaris bangkrut akibat krisis keuangan.

Sejauh ini, baru Pakistan dari negara Asia yang membutuhkan bantuan, namun pemerintah Jepang meyakini akan banyak lagi negara Asia yang membutuhkan bantuan paket ekonomi.

Jepang sendiri selalu berkonsultasi mengenai rencananya tersebut dengan pihak-pihak donor internasional seperti Bank Dunia dan lembaga keuangan internasional lainnya.

Paket bantuan ekonomi berupa pinjaman dengan bunga rendah untuk sektor-sektor publik merupakan salah satu pilihan yang akan ditawarkan Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com