Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Pasar Baru, BPEN Minta Dana Tambahan

Kompas.com - 19/10/2008, 23:12 WIB

JAKARTA, MINGGU - Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN) mengajukan penambahan dana promosi untuk mencari pasar baru yang potensial selain pasar tradisional seperti Amerika Serikat, Jepang dan Uni Eropa.

"Tambahan dana itu untuk melakukan kajian pasar di negara-negara Asia tengah seperti Kazakstan, Timur Tengah dan Amerika Selatan," kata Kepala BPEN Bachrul Chairi, Minggu (19/10), di Jakarta, tanpa menjelaskan besaran kenaikan biaya yang diajukan.

Menurut dia, BPEN juga memerlukan tambahan dana untuk kegiatan promosi ekspor berupa pameran dari sata ini yang sebesar Rp15 miliar menjadi Rp 20-25 miliar. "Kita minta anggaran tambahan khusus untuk negara pasar baru tersebut. Tambahannya bisa 10-15 pameran lagi,"ujarnya.

Tahun ini, BPEN mendapat alokasi anggaran sekitar Rp 217 miliar termasuk untuk pembiayaan mengikuti 20 kali "International Trade Promotion Centre" (ITPC) di beberapa negara.  "Tahun 2009 tidak ada penambahan ITPC tapi kita akan meningkatkan peran kedutaan di negara-negara potensial untuk melakukan promosi ekspor," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com