Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumpah Pemuda: Pertunjukan Musik 80 Jam Non Stop

Kompas.com - 19/09/2008, 00:28 WIB

JAKARTA, KAMIS - Universitas Indonesia (UI), Universitas Katolik Atmajaya dan Universitas Islam Al Azhar menyelenggarakan Pertunjukan Musik Indonesia 80 jam tanpa jeda (non-stop) untuk memperingati 80 tahun Sumpah Pemuda.

"Acara ini diselenggarakan pada 20-28 Oktober yang rangkaian acaranya rencananya akan dibuka Ibu Negara Ani Yudhoyono dan ditutup Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata Wakil Kepala Humas UI Devie Rahmawati pada Peluncuran Program Persembahan untuk Bangsa di Jakarta, Kamis malam (18/9).

Pergelaran musik Indonesia yang digelar di Unika Atmajaya itu akan melibatkan individu dan kelompok yang bergelut di bidang musik dengan lagu genre apapun, termasuk lagu-lagu daerah. Pergelaran akan menyediakan dua panggung bersebelahan di mana setiap penampil akan mengisi acara rata-rata 30 menit dan membawakan 4-6 lagu berdurasi 5-6 menit per lagu, dengan demikian akan ada 160 penampilan dengan 640 lagu.

"Sebagai momen penting kebangsaan selama tiga hari ditargetkan acara ini bisa tercatat dalam Museum Rekor Indonesia sebagai pergelaran musik Indonesia terpanjang yang pernah ada," katanya.

Selain itu, diselenggarakan juga pergelaran kuliner 80 rasa Indonesia di Atmajaya yang disajikan dari berbagai daerah di Indonesia serta dilombakan di mana pemenang didasarkan pada omzet yang diraih. Acara ini akan mengundang masyarakat daerah dan perwakilan Pemda serta melibatkan pengusaha hidangan khas yang tersebar di seantero Indonesia. Selain itu diharapkan juga mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com