Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Kurangi SUN

Kompas.com - 15/09/2008, 10:47 WIB

JAKARTA, SENIN - Pemerintah akan mengurangi jumlah penerbitan surat utang negara (SUN) 2008 menyusul ketatnya likuiditas pasar saat ini. "Menghadapi kondisi ketatnya likuidtas, pemerintah akan stand ready, ada beberapa langkah seperti mengurangi penerbitan SUN," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Depkeu, Anggito Abimanyu di Jakarta, Senin (15/9).
    
Ia mengatakan, penerbitan SUN yang semula diperkirakan mencapai 1,7 persen dari PDB (netto Rp117 triliun) akan dikurangi. "Jadi kita akan mengurangi jumlah  penerbitan," tegasnya.
    
Selain itu, menurut Anggito, pemerintah juga akan memperbaiki struktur balance of payment atau (BoP-neraca pembayaran). "Sebenarnya BOP tidak sejelek yang digambarkan orang, tentu budget-nya much better than expect," katanya.
    
Menurut dia, harga minyak yang turun saat ini akan membantu upaya pemerintah dan BI melakukan stabilitas pasar dan mengurangi kekeringan likuiditas pasar.
    
Ia menyebutkan, BI sendiri akan melakukan beberapa operasi pasar. Tapi, Anggito mengatakan operasi itu belum belum bisa disebutkan. Pokoknya itu untuk menstabilkan pasar dan mengurangi kekeringan likuiditas di pasar, tegasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com