Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaka: Messi Lebih Pantas Dapat Ballon d'Or

Kompas.com - 11/09/2008, 00:04 WIB

MILAN, RABU - Kaka menjagokan Lionel meraih penghargaan Ballon d'Or untuk tahun 2008 ini. Playmaker AC Milan tersebut punya alasan tersendiri mengapa dia mengatakan Messi lebih layak mendapatkannya, karena secara individu striker Barcelona itu memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan Cristiano Ronaldo.

Memang, musim lalu Ronaldo menunjukkan performa yang sangat fenomenal. Bukan cuma menjadi top skor Eropa, tetapi dia juga mempersembahkan dua gelar paling bergengsi untuk Manchester United, yakni trofi Premier League dan Liga Champions.

Meskipun demikian, Kaka menilai hal tersebut bukan secara otomatis menempatkan winger dengan sebutan CR7 itu mendapatkan penghargaan Ballon d'Or yang tahun lalu diraihnya.

"Messi benar-benar pemain yang hebat. Cristiano Ronaldo juga sangat bagus dan layak mendapatkannya, tetapi saya ingin Leo menjadi penggantiku," ungkap Kaka kepada La Gazzetta dello Sport, Rabu (10/9).

"Dia mempunyai kemampuan untuk itu dan bisa mengontrol bola sangat bagus. Itu yang membuat dia menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Saya pikir, dia termasuk pemain yang kamu selalu ingin dirinya berada di timmu," tambah Kaka yang juga menjadi Pemain Terbaik Dunia tahun 2007--dia menyisihkan Messi dan Ronaldo.

Meskipun demikian, Kaka tak ingin hanya membicarakan tentang orang lain. Mantan pemain Sao Paolo itu berjanji, untuk tahun 2009 nanti dirinya berusaha untuk mendapatkan kembali semua penghargaan yang dirasakan tahun lalu.

"Saya hanya berbicara tentang tahun ini. Tujuanku adalah segera pulih dan kembali ke permainan terbaikku sehingga bisa memenangkan lagi trofi di Paris dan Pemain Terbaik Dunia di Zurich. Tetapi agar hal itu bisa terjadi, saya harus bermain konsisten bersama Milan," tegasnya.

Memang, sepanjang musim 2007/08, grafik permainan Kaka menurun drastis karena dia lebih banyak bergelut dengan cedera lutut. Namun pada bulan Mei lalu, Milan memutuskan untuk membawanya ke meja operasi dan semuanya telah berlangsung sehingga Kaka kini di dalam proses penyembuhan.

Tak heran jika dua pekan lalu, dirinya absen membela Rossoneri. Pada laga perdana Serie-A musim 2008/09 tersebut, Milan menyerah 1-2 dari tim promosi, Bologna.

Meskipun demikian, Kaka menjamin Milan akan segera bangkit, apalagi mereka sudah memiliki gelandang kreatif yang merupakan rekan senegara Kaka, Ronaldinho. Menurutnya, kehadiran Ronaldinho membuat Liga Italia semakin mentereng.

"Ronaldinho akan menjadi pembelian terbaik di Liga Italia. Jejak kami dalam perjalanan hidup ini memang sangat berbeda, namun itu bukan berarti kami tidak bisa menjadi sahabat dan bermain bersama," jelasnya. (GL/LOU)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com