Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok Massa Sohe-Polisi, Enam Terluka

Kompas.com - 09/09/2008, 11:26 WIB

PALEMBANG, SELASA - Kapoltabes Palembang Kombes Lucky Hermawan yang terjun langsung mengamankan demonstrasi ribuan pendukung Syahrial Oesman-Helmi Yahya (Sohe) menyatakan, sebanyak enam orang terluka akibat bentrok polisi-massa Sohe. Empat orang dari aparat keamanan dan dua lainnya dari pendukung Sohe.

Kepada pers, Lucky menyatakan bahwa polisi sudah mengamankan dua orang yang dianggap sebagai pemicu kerusuhan. Identitasnya masih dirahasiakan. "Melihat situasi sosial politik yang saat ini memanas, Poltabes mengerahkan kekuatan penuh atau lebih dari 1.000 personel untuk mengamankan Gedung KPU Sumsel," katanya.

Pada prinsipnya, polisi tidak akan melayani agresivitas sikap yang ditunjukkan pendukung Sohe. Polisi sifatnya mengamankan proses pleno rekapitulasi dan penetapan suara di KPU Sumsel.

Ketua Tim Advokasi Sohe Suparman Romans mengatakan, ia tidak akan menginstruksikan massa untuk bertindak agresif jika aparat keamanan tidak memancing kerusuhan terlebih dulu dengan mendorong massanya.

Saat ini suasana di Kantor KPU Sumsel masih tegang. Massa sudah banyak yang beristirahat di sekitar lahan rawa Kantor KPU Sumsel, begitu juga dengan polisi. Sementara itu, karena dijaga kerahasiannya, sampai sekarang belum jelas diketahui tempat rapat pleno KPU Sumsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com