Diduga, OPEC Langgar Batas Kuota

Kompas.com - 08/09/2008, 13:50 WIB
Editor

WINA, SENIN - Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) saat ini dipercaya memproduksi satu juta di atas kuota produksi yang ditetapkan 29,67 juta barel per hari, dengan persediaan Arab Saudi sebagian besar dari minyak ekstra.
    
Menteri Perminyakan Iran Gholam Hossein Nozari mengatakan Senin (8/9) setibanya di Wina untuk menghadiri pertemuan OPEC, yang akan berlangsung di Wina, Selasa (9/9). Ia menengarai telah terjadi kelebihan pasokan OPEC. "Pasti, telah terjadi kelebihan pasokan," katanya kepada pers.

Iran menyerukan kembali untuk memenuhi target produksi OPEC sebagai suatu cara mengurangi produksi dari 13 negara anggotanya. "Kami akan meninjau kembali pasar dan kemudian memutuskan," kata Nozari ketika ditanya seputar apakah penurunan produksi resmi akan disetujui pada pertemuan kebijakan OPEC, Selasa.
    
Harga minyak telah mengalami penurunan tajam dari tingkat tinggi mendekati angka 150 dollar AS per barel pada pertengahan Juli lalu menjadi sedikit di atas 100 dollar AS per barel.
    

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.