Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Tawarkan Wisata Religi untuk Warga Xinjiang

Kompas.com - 01/09/2008, 15:18 WIB

URUMQI, SENIN - Garuda Indonesia di Beijing menawarkan paket wisata religi kepada wisatawan Xinjiang, wilayah otonomi khusus di China baratlaut, dalam upaya menarik wisatawan China berkunjung ke Indonesia.
     
"Mengingat di Xinjiang mayoritas penduduknya beragama Islam, maka kita mencoba menawarkan paket wisata religi kepada warga setempat untuk mengunjungi sejumlah kota yang memiliki sejarah Islam di Indonesia," kata GM Garuda Indonesia Beijing, Pikri Ilham K di Urumqi, ibukota wilayah otonomi khusus Xinjiang, China, Senin (1/9).
     
Hal tersebut dikemukakan Pikri di sela-sela keikutsertaan Indonesia dalam "2008 Urumqi Fair" yang berlangsung pada 1-4 September 2008 dan diikuti 12 negara selain sejumlah perusahaan lokal dari berbagai provinsi di China.
     
Menurut Pikri, paket wisata religi yang ditawarkan Garuda Indonesia Beijing adalah mengunjungi makam Sunan Wali Songo yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia, yang dinilai memiliki peluang tersendiri untuk menjaring wisatawan asal China ke Indonesia.
     
Untuk itu rute penerbangan yang paling mudah dan cepat adalah Urumqi-Guangzhou-Jakarta melalui kerja sama dengan maskapai penerbangan China, China Southern Airline.
     
Dikatakan, jalur penerbangan Urumqi-Guangzhou bisa menggunakan Southern Airlines, sementara penerbangan Guangzhou-Jakarta menggunakan Garuda Indonesia.
     
Menariknya, kata Pikri, paket wisata itu dapat dilakukan tidak terlalu lama, yaitu Urumqi-Guangzhou menggunakan penerbangan pada pagi hari, sementara Guangzhou-Jakarta bisa dengan penerbangan sore hari dan pada malam hari sudah bisa tiba di Jakarta.
     
Ia mengatakan, paket wisata ini sangat kompetitif mengingat tidak ada maskapai penerbangan asing lainnya yang melakukan paket wisata religi ke Indonesia. Pihak Garuda Indonesia Beijing telah minta kepada para agen perjalanan yang ada di China khususnya, untuk membantu menawarkan paket religi ini dan diharapkan akan menjadi peluang tersendiri bagi Garuda Indonesia.
     
Paket wisata religi tersebut, kata Pikri, telah diuji coba dengan sukses ketika pada Mei 2008 sebanyak 60 delegasi muslim China melakukan kunjungan Jakarta dan Surabaya yang selanjutnya berkunjung ke Bali.
     
Bagi wisatawan Xinjiang yang dari Jakarta selanjutnya ingin melakukan umroh ke Arab Saudi, Garuda Indonesia, juga telah menyiapkan paket wisata keluarga religi dengan jalur, Urumqi-Jakarta-Jeddah pergi pulang. "Khusus untuk paket wisata keluarga religi tersebut merupakan program jangka panjang yang juga bekerjasama dengan maskapai China Southern Airlines," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com