Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Jalanan Didaftar Peroleh Jamkesmas

Kompas.com - 13/08/2008, 17:44 WIB

PALEMBANG, RABU - Pemko Palembang mulai mendata  anak jalanan dan penghuni panti jompo untuk didaftarkan menjadi  peserta Jamkesmas, di luar kuota yang telah ditentukan pemerintah  sebanyak 465.695, di Palembang, Rabu.
    
Kepala Dinkessos Palembang, Dasril Sairin mengatakan, saat  ini pihaknya masih dalam proses mendata jumlah anak jalanan yang belum terdaftar menjadi peserta Jamkesmas. "Karena sebagian besar anak jalanan yang jumlahnya mencapai  286 orang tersebut memiliki keluarga dan telah terdaftar sebagai peserta Jamkesmas mengikuti orangtua mereka," katanya.
    
Namun, pihaknya masih melakukan pendataan jika memang ada  anak jalanan yang belum masuk database peserta Jamkesmas sesuai
dengan jumlah kuota yang telah ditentukan. "Mereka akan didata untuk menjadi peserta Jamkesmas di luar kuota yang ada," tambahnya.
    
Sementara itu, untuk penghuni panti jompo sampai kini pihaknya telah mendata sebanyak 71 orang yang akan didaftarkan menjadi peserta Jamkesmas baru.
    
Sedangkan penghuni lainnya selama ini sudah terdaftar sebagai  peserta akseskin yang otomatis bisa menjadi peserta Jamkesmas, katanya. Tetapi ia mengatakan, secara rutin pemko setempat melalui  puskemas juga melakukan pengecekan kesehatan secara berkala di panti jompo.
    
"Setidaknya dua kali dalam sebulan paramedis mendatangi panti jompo untuk pelayanan kesehatan di panti tersebut," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com