Matematika Paling Diminati Pendaftar di Unimed - Kompas.com

Matematika Paling Diminati Pendaftar di Unimed

Kompas.com - 31/07/2008, 20:27 WIB

MEDAN, KAMIS - Dua tahun berturut-turut, Program Studi Matematika paling banyak diminati di Unversitas Negeri Medan (Unimed). Persaingan kursi di program ini paling kompetitif dengan rasio 1 : 19,4.  

"Matematika paling banyak diminati karena mereka beranggapan akan mendapat kesempatan kerja lebih banyak. Mereka bisa bekerja menjadi guru maupun di luar guru, peluangnya sangat besar," kata Rektor Unimed, Syawal Gultom, Kamis (31/7) di Medan.

Syawal mengatakan saat ini daya tampung program studi matematika di Unimed sebanyak 103 kursi. S edangkan yang mendaftar sebanyak 2.000 orang. Selain matematika, program studi Bahasa Inggris, manajemen dan akutansi juga paling banyak peminatnya. Program itu, katanya , saat ini paling banyak diperlukan di sejumlah instansi pemerintah maupun swasta.

Mahasiswa semester VIII Program Studi Matematika, Fakultas Matematika IPA (MIPA) Unimed, Dita (22) menyukai matematika daripada ilmu sosial. Soal masa depan lulusan program studi ini, katanya, lebih baik daripada lulusan program studi lain.

"Selain bisa menjadi guru, mempelajari matematika bisa bekerja di banyak lapangan kerja," katanya. Hal senada disampaikan Putri (22) rekan seangkatan Dita. Putri mengatakan banyak lowongan kerja terutama calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang menerima lulusan program studi matematika.

"Lulusan program studi ini, selain pandai berhitung juga bisa mempelajari ilmu lain. Yang kami pelajari tidak hanya menghitung saja, tetapi juga belajar bahasa, komputer, dan ketrampilan mengajar di depan kelas," katanya.

Peminat

Peminat Unimed kali ini sebanyak 38.103 orang. Jumlah ini lebih banyak dari tahun lalu 34.000 orang. Syawal menegaskan, tidak ada satupun program studi di Unimed yang daya tampungnya dibawah standar. Secara nasional, katanya, Unimed menduduki ranking ketiga sebagai universitas yang paling banya peminatnya.

Penerimaan mahasiswa baru di Unimed dilakukan melalui jalur seleksi nasional perguruan tinggi negeri (SNPTN) 2.048 orang, seleksi lokal 2.365, dan jalur penelusuran minat dan kemampuan (PMDK) sebanyak 722 orang. Total mahasiswa baru yang diterima Unimed 2008 ini sebanyak 5.135 orang.

"Setiap mahasiswa yang lolos akan dikenakan biaya partisipasi senilai Rp 1 juta per mahasiswa. Uang itu akan dipakai untuk peningkatan fasilitas laboratorium dan sarana lain. Biaya ini sekali saja diberlakukan selama menjadi mahasiswa," katanya.


Editor

Close Ads X