Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembayaran Bunga Utang Pemerintah Sudah Rp 41,4 Triliun

Kompas.com - 22/07/2008, 11:30 WIB

JAKARTA, SELASA - Departemen Keuangan (Depkeu) mengungkapkan, realisasi pembayaran bunga utang pemerintah, baik dalam negeri maupun luar negeri, pada semester I-2008 mencapai Rp 41,4 triliun atau 43,7 persen dari total pagu Rp 94,7 triliun.

"Realisasi itu sebelum pagu pembayaran utang diproyeksi naik menjadi Rp 97 triliun," kata Direktur Evaluasi, Akuntansi, dan Setlemen Ditjen Pengelolaan Utang Depkeu Widjanarko, seperti dikutip Antara di Jakarta, Selasa (22/7).

Ia menjelaskan, realisasi pembayaran bunga utang dalam negeri (SUN) mencapai Rp 30,7 triliun atau 46,6 persen dari pagu Rp 65,8 triliun. Sementara itu, realisasi pembayaran bunga pinjaman luar negeri, tuturnya, mencapai Rp 10,7 triliun atau 37,02 persen dari pagu Rp 28,9 triliun. "Realisasi bunga PHLN sebesar Rp 10,7 triliun itu termasuk biaya-biaya, seperti management fee dan commitment fee," ujar Widjanarko.
    
Beberapa hari yang lalu, Menkeu Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pembayaran bunga utang dalam negeri dan luar negeri untuk tahun ini diperkirakan meningkat menjadi Rp 97 triliun, dari pagu awal Rp 94,7 triliun akibat perubahan asumsi inflasi dari sekitar 6,5 persen pada awal tahun menjadi 9 persen dan bahkan bisa mencapai 11 persen.

Menurut Menkeu, saat ini suku bunga relatif lebih tinggi karena inflasi Indonesia dan global juga mengalami kenaikan yang membawa konsekuensi terhadap beban suku bunga yang ada di dalam APBN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com