Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wiranto: Kasus Timor Leste Sudah Selesai

Kompas.com - 15/07/2008, 16:48 WIB

MAKASSAR, SELASA - Ketua Umum DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Jenderal TNI (Purn) Wiranto menganggap kasus kerusuhan Timor Leste telah selesai. "Semua jenderal yang dianggap terlibat dalam kasus pelanggaran HAM di Timor Leste telah diperiksa oleh Mahkamah Militer Luar Biasa dan semuanya dianggap tidak bersalah," kata Menhankam/Pangab pada masa Orde Baru tersebut usai temu kader Partai Hanura di Takalar, Sulsel, Selasa.
    
Menurut Wiranto, kalau pun kasus tersebut masih berlanjut di Mahkamah Internasional, dia akan menunggu hasil keputusan pemerintah Indonesia dan Timor Leste.  "Kita serahkan sepenuhnya kepada pemerintah dan kami menganggap bahwa tidak ada kesalahan pada saat itu, semuanya sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur," katanya.
    
Saat ditanya mengenai isu pencekalan dirinya pada Pemilu dan Pilpres 2009 terkait laporan akhir Komisi Kebenaran dan Persahabatan (KKP) Indonesia-Timor Leste bahwa terjadi pelanggaran HAM sebelum dan pasca jajak pendapat di negara tetangga eks Provinsi Timtim itu,  mantan Capres dari Partai Golkar tersebut menganggap bahwa 34 partai politik yang ikut dalam Pemilu 2009 mendatang telah sepakat untuk tidak menjelek-jelekkan partai dan capres dari partai yang lain.
    
"Kami berharap semoga tidak ada yang melakukan pencekalan terhadap saya dan partai Hanura," katanya. Saat temu kader di Takalar, Wiranto menyosialisasikan nomor urut 1 Partai Hanura kepada ribuan kader dan simpatisannya yang memadati Gedung Islamic Centre Takalar.
    
"Partai ini telah diberkati oleh Tuhan Yang Maha Esa karena Partai Hanura diberi nomor urut yang dianggap beruntung yakni nomor urut satu," katanya di depan ribuan simpatisan Hanura dan disambut tepukan hadirin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com