Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Liburan Tiba, Calo Tiket Beraksi

Kompas.com - 01/07/2008, 22:05 WIB

YOGYAKARTA, SELASA - Membeludaknya penumpang KA di Yogyakarta pada musim liburan dimanfaatkan calo dengan menawarkan tiket KA dengan harga seharga 100 persen lebih mahal. Beberapa calo tampak di depan ruangan reservasi tiket KA di Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (1/7).

Setiap orang yang turun dari tangga ruang reservasi dihampiri, kemudian ditawarkan tiket. Selasa ini, adalah hari pertama kenaikan tarif KA eksekutif yang sebesar 6-9 persen.

Tiket yang dijual para calo lebih tinggi dari harga resmi. Untuk KA kelas eksekutif, rata-rata calo menawarkan harga awal Rp 400.000 atau lebih mahal hampir dua kali lipat. Tak hanya kelas eksekutif, kelas bisnis pun ada. Harga tiket bisnis yang normalnya Rp 100.000 melonjak hingga Rp 180.000.

"Ya mau gimana lagi, harganya memang mahal. Saya juga dapat tiket ini dari agen di Solo dan harganya sudah tinggi, masa saya nggak ambil untung?" kata salah seorang calo yang disapa Pelok.

Calon penumpang, Nugraha (31) yang hendak membeli tiket KA kelas eksekutif tujuan Jakarta untuk keberangkatan hari Minggu, resah. "Tadi saya juga ditawari calo, cuma harganya mahal sekali. Lebih baik naik bus," ujarnya.

Kepala Humas PT KA Daerah Operasi VI Yogyakarta, Hartomo Wiropuspito, mengatakan calo memang sulit dicegah karena ada masyarakat yang butuh. Namun ia memastikan tak ada petugas KA yang membantu calo.

"Mereka (calo) dapat tiket dari membeli tiket ke loket mengaku sebagai calon penumpang. Tiket didapat mereka lalu menjualnya kembali," ujarnya. (PRA/A02)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com