Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Cagub Deklarasikan Bali Shanti

Kompas.com - 20/06/2008, 20:28 WIB

DENPASAR, JUMAT - Tiga pasangan Cagub/Cawagub yang akan bertarung dalam Pilkada Bali pada Juli mendatang sepakat turun mendeklarasikan Bali Shanti (damai) yang ditandai dengan pelepasan sembilan burung merpati simbol perdamaian.

Selain pelepasan burung, pada acara yang akan digelar Minggu (22/6) sore di Monumen Rakyat Bali itu juga diwarnai dengan pelepasan 99 buah balon berwarna warni ke angkasa sebagai isyarat damai untuk pelaksanaan Pilkada Bali yang pemungutan suaranya dilakukan 9 Juli mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Bali, Gede Nurjaya di Denpasar, Jumat (20/6), mengatakan ketiga pasangan Cagub/Cawagub sepakat untuk menjalani semua proses Pilkada Bali dalam suasana kekeluargaan yang mengedepankan prisif kedamaian. "Mereka sepakat untuk melakukannya dengan cara damai. Ini artinya, ketiga pasangan telah siap dalam menerima kekalahan dan kemenangan," ucapnya.

Dalam rangkaian acara yang dikemas untuk menggaungkan agar Bali tetap damai itu, akan juga disuguhkan sejumlah pertunjukan seni dengan menampilkan seniman lokal, ibu kota dan bahkan yang berkaliber internasional.

Dramawan Putu Wijaya akan tampil dalam teater monolog dengan rangkaian ceritera yang bertemakan "Bali Shanti (damai)" di panggung terbuka Monumen Rakyat Bali di Lapangan Puputan Renon, Denpasar. Pimpinan Teater Mandiri Jakarta yang juga penulis naskah dan skenario film itu, akan tampil dengan gaya dan teater monolognya selama kurang lebih 30 menit.

Nurjaya mengungkapkan, Marcus William, musisi asal Amerika Serikat akan tampil dengan beberapa lagu ciptaannya yang antara lain berjudul "Bali Shanti, Shanti, Shanti". William akan melakukan kolaborasi dengan seniman lokal Wayan Balawan, yang garapannya dikenal dengan sebutan magic finger.

Musisi berkulit hitam dengan karya-karyanya yang mampu menembus Hollywood tersebut, mengaku terpanggil untuk ambil bagian dalam menyuarakan Bali tetap damai, mengingat pulau mungil ini adalah milik masyarakat internasional. "Saya terpanggil untuk ikut menggaungkan Bali Shanti, tidak hanya di sini di Bali, tetapi untuk masyarakat internasional," kata William.

Nurjaya menyebutkan, untuk artis ibu kota yang akan manggung sejak Minggu sore hingga malam hari itu, antara lain Trie Utami dengan lagu MantramKu, dan Dewa Bujana dengan petikan gitarnya yang memberi nafas dan spirit kedamaian bagi Bali.

Sementara beberapa musikus dan penembang lokal Bali yang mampu menerobos kancah musik Nusantara, juga tidak absen memeriahkan acara yang akan dihadiri tiga pasangan Cagub/Cawagub Bali itu. Mereka antara lain Ayu Laksmi, Rai Peni, Sutha, Manik, Agung Wirasuta, Ocha, Edi Q, Punk Kuala dan Joni Agung Doevle T.

Ketiga pasangan Cagub/Cawagub Bali periode 2008-2013 adalah Gede Winasa-Alit Putra, Cok Budi Suryawan-Nyoman Gede Suwetha, dan Made Mangku Pastika-AA Puspayoga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com