Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-SKB, Polda Jabar Jaga Aset Ahmadiyah

Kompas.com - 10/06/2008, 19:13 WIB


BANDUNG, SELASA - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen Susno Duadji, Selasa (10/6) mengatakan, Jabar kondusif pascaterbitnya SKB tiga menteri tentang Ahmadiyah.

"Saya sudah menerima surat bahwa berbagai organisasi Islam di Jabar siap menjaga Jabar kondusif. Mereka tidak akan membuat kericuhan," ujarnya. Mereka adalah ormas yang selama ini menghendaki Ahmadiyah dibekukan.

Selain itu, kata Susno, Ahmadiyah sendiri telah memberi tahu Polda Jabar bahwa mereka tidak akan berkegiatan secara terbuka. Kalaupun masih melakukan peribadatan akan dilakukan secara tertutup di rumah masing-masing.

Susno mengatakan, di Jabar terdapat kantong-kantong pengikut Ahmadiyah seperti di Sukabumi, Bogor, Cianjur, Indramayu, Kuningan, Cirebon, dan Bandung. oleh karena itu, Polda Jabar beserta jajarannya akan menjaga aset mereka sebagai langkah antisipasi pengerusakan.

Memang, lanjutnya, sikap ormas di Jabar beragam tentang SKB tersebut. Sebagian menerima, sebagian menilai SKB tidak maksimal, dan ada juga ormas yang kecewa dan berencana melakukan judicial review.

Sepanjang kekecewaan itu dilakukan melalui jalur hukum, kata Susuno, tidak menjadi soal. "Tetapi kalau mereka melakukan pengurusakan, akan berhadapan dengan polisi," ujarnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com