Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana BLT 2008 untuk Ende Rp20 Miliar

Kompas.com - 02/06/2008, 17:31 WIB

ENDE, SENIN - Dana bantuan langsung tunai atau BLT tahun 2008 untuk Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur telah siap, yaitu sebesar Rp20.423.900.000. Penerima bantuan tahun 2008 itu berdasarkan data rumah tangga sasaran penerima BLT tahun 2005 sebanyak 29.177 RTS.  

Y ang disalurkan untuk termin pertama sebesar Rp8.753.100.000, yaitu untuk bulan Juni sampai Agustus. Berikutnya, BLT termin ke dua akan disalurkan untuk bulan September hingga Desember. Jadi total sekitar Rp20 miliar, kata Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Ende Wagimuntoro Wijoseno, Senin (2/6), di Ende.

Menurut Wagimuntoro, sebelum BLT disalurkan ter lebih dahu lu akan dilakukan verifikasi oleh aparat Pemerintah Kabupaten Ende, dan berdasarkan hasil verifikasi itu PT Pos Indonesia Cabang Ende baru menyalurkan dana BLT.

Dia juga mengatakan, verifikasi itu bukan untuk mendata warga miskin baru, melainkan hanya untuk mengec ek kembali kevalidan data lama (2005). Apakah ada RTS nominasi penerima BLT yang sudah meninggal, apakah ada yang telah menjadi pegawai negeri sipil, atau pun pindah rumah.

Dalam verifikasi itu dimungkinkan jumlah penerima BLT bisa berkurang, tapi di sisi lain hasil verifikasi tidak boleh melebihi dari jumlah RTS yang sudah ditetapkan berdasarkan data BLT tahun 2005 sebanyak 29.177 RTS.

Namun dalam verif ikasi kalau ada warga yang namanya dicoret - mungkin karena sudah menjadi PNS, dan di sisi lain ada warga miskin yang belum terdata, maka kupon dari warga yang telah dicoret namanya dapat diberikan kepada warga miskin yang belum terdata itu, kata Wagimuntoro

Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Ende itu juga mengusulkan, guna mengantisipasi agar tak menimbulkan gejolak sosial ketika BLT disalu rkan, verifikasi sebaiknya melalui proses rembuk desa yang turut melibatkan sejumlah tokoh agama, masyarakat, maupun pemuka adat setempat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com