Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Sahkan RUU Antirokok!

Kompas.com - 28/05/2008, 12:37 WIB

JAKARTA, RABU-Tobacco Control Support Centre (TCSC) mengimbau pemerintah mengesahkan RUU Penanggulangan Dampak Produk Tembakau terhadap Kesehatan. Sebab, remaja usia muda semakin banyak yang mengonsumsi rokok.

"Korban sudah semakin banyak remaja usia belasan sudah menjadi perokok aktif," ungkap Ketua Umum TCSC Dr Widyastuti Soerojo yang ditemui usai acara peringatan Hari Tanpa Tembakau di Jakarta, Rabu (28/5).

Dalam acara itu TCSC menyajikan hasil studi kasus yang dilakukan awal Mei 2008 bahwa sebanyak 61 persen dari 395 anak jalanan usia 10-18 tahun di sepanjang jalur rel KA Jakarta-Bogor adalah perokok aktif. "Ini sangat memprihatinkan satu-satunya cara adalah dengan mengesahkan UU tersebut untuk melindungi mereka," ungkapnya.

Pada kesempatan sama, anggota Komisi IX Hakim Sorimuda Pohan mengatakan, RUU tersebut sudah berada di Badan Legislatif DPR. "Tahun lalu RUU ini pernah ditolak karena tidak urgent, dan tahun ini kami mengajukan kembali, karena hal ini sangat penting untuk melindungi para remaja dari bahaya merokok," demikian Hakim Sorimuda.(C5-08)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com