Axis Tak Takut Disebut Kartu Setan

Kompas.com - 08/05/2008, 16:26 WIB
Editor

JAKARTA, KAMIS - Sebelum akhirnya merebak menjadi sms santet dan telepon setan di sejumlah kota di Sumatera, isu ilmu hitam di jaringan seluler bermula dari informasi miring mengenai Axis, layanan seluler yang baru diluncurkan Natrindo Telepon Seluler (NTS) ahir Maret lalu. Informasi yang menyebar melalui forum diskusi di internet dan blog menyebut Axis sebagai kartu setan. Bahkan, informasi yang meresahkan tersebut mulai merambah dari SMS ke SMS.

"Pi jangan pki axis. Ktnya axis di blk jd sixa n di luncr ke dari gereja setan/anti kristus. N klu ada yg pki ntar di siksa setan," demikian cuplikan SMS yang dikirimkan seorang anak kepada bapaknya. Di Lhoksuemawe dan Palembang, nama Axis sudah tidak muncul, namun berkembang menjadi SMS yang lebih meresahkan yakni informasi mengenai panggilan dari telepon setan yang dapat membunuh penerimanya.

Dengan adanya penyebaran SMS yang menyudutkan ini, pihak penyedia Axis mengaku tak terlalu khawatir dengan merebaknya isu tersebut. Pernyataan resmi untuk menanggapi penyebaran informasi yang menyudutkan tersebut juga tak akan dikeluarkan.

"Kita sih melihat ini sebagai hoax saja karena benar-benar nggak mendasar. Bahkan ada yang mengait-ngaitkan dengan 666 theory, padahal nomor Axis sama sekali tidak berhubungan," ujar Anita Avianty, Head of Corporate Communication Natrindo Telepon Seluler saat dihubungi Kamis (8/5) sore. Nomor pengguna Axis menggunakan prefix 0838 bukan 0866 atau 0666.

Menyikapi hal ini, Anita malah senang. Menurutnya, hal tersebut menunjukkan perhatian masyarakat yang antusias terhadap Axis. Di sejumlah blog, misalnya di maseko.com, kabar miring tersebut memang menjadi pembicaraan hangat. Dari 296 komentar sampai Kamis (8/5) pukul  16.15 WIB, diskusi bahkan sampai membicarakan layanan Axis itu sendiri.

Meski demikian, pihaknya tidak akan membiarkan informasi yang tidak benar itu makin menyebar ke masyarakat. Anita berencana mengklarifikasi informasi-informasi yang tidak benar tersebut lewat blog-blog yang memuat kabar tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.