Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Sultan HB X Pimpin Ijab Kabul Pernikahan Putrinya

Kompas.com - 05/05/2008, 19:36 WIB

YOGYAKARTA, SENIN  - Sri Sultan Hamengku Buwono X akan memimpin sendiri upacara ijab kabul pernikahan agung putri ketiganya Gusti Raden Ajeng Nurkamnari Dewi dengan Kanjeng Raden Tumenggung Purbodiningrat. Sesuai tradisi keraton, prosesi ijab kabul dilangsungkan di masjid Panepen Keraton, Jumat (9/5) pagi pukul 06.30 itu hanya akan dihadiri pengantin laki-laki.

Hal itu diungkapkan Gusti Kanjeng Ratu Hemas dalam jumpa pers, Senin (5/5) di Keraton Kilen Yogyakarta . Ia menuturkan, ijab kabul untuk pengantin putri akan dilakukan sebelum pengantin pria yaitu pada Kamis (8/5) malam pukul 19.30 pada saat prosesi tantingan yang juga dipimpin Sri Sultan HB X. Bertindak sebagai saksi adalah Sri Sultan sendiri, ungkap Hemas.

Dalam upacara ijab kabul, rencananya Sri Sultan akan didampingi KGPH Hadiwinoto, adik tertua Sultan serta adik-adik Sultan la innya. KGPH Hadiwinoto akan memimpin mengiringi KRT Purbodingrat ke Masjid Panepen. Untuk doa dan kotbah nikah akan dilakukan oleh abdi dalem penghulu.

Upacara ijab kabul dilakukan pagi sekali karena 9 Mei adalah hari Jumat sehinga seluruh prosesi pagi sudah harus selesai sebelum shalat Jumat. Hemas mengungkapkan, pada acara resepsi Jumat pagi akan dihadiri P residen Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Presiden Baharuddin Jusuf habibie, dan raja-raja se-nusantara. Untuk resepsi malam hari akan hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla dan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri. "Sudah konfirm hadir,' ujarnya.

Hemas menuturkan, pada tanggal 9 Mei akan digelar doa bersama bagi kelancaran pernikahan dan kebahagiaan rumah tangga mempelai di masjid-masjid pathok nagoro Keraton. Sebagai orangtua, Hemas mengaku berbahagia sekaligus terharu atas perkawinan putrinya. "Anak saya kan baru kembali studi (di Melbourne Australia), baru sebentar bersama kami dan sekarang harus berpisah lagi. Tetapi yang membahagiakan saya, calonnya dari Jogja sehingga minimal masih sering banyak ketemu karena akan tinggal di Jogja," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com