Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Ibu Menyusui Bareng

Kompas.com - 25/04/2008, 07:18 WIB

JAKARTA, JUMAT-Sebanyak 1.260 ibu menyusui bayinya dalam waktu yang bersamaan di Gedung Harvest, Lippo Karawaci, Tangerang, Kamis (24/4). Kegiatan ini bertujuan untuk mengampanyekan pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif dan juga untuk dicatatkan di Museum Rekor Indonesia (Muri).

Halimah (29), peserta kampanye ASI eksklusif, mengaku awalnya merasa risi karena harus memberi ASI kepada bayinya di tempat umum. ”Bagimana tidakrisih, waktu masuk ke ruangan sudah banyak orang. Ada laki-laki dan perempuan. Saya sempat mikir, wah pasti kami akan jadi tontonan,” kata warga Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, tersebut.

Namun, kekhawatiran Halimah tak beralasan. Pasalnya, panitia telah menyediakan tempat khusus bagi ibu-ibu ketika memberikan ASI kepada bayinya. Selama di ruangan khusus, para ibu tersebut juga dapat menyimak materi-materi yang disampaikan pembicara pada kampanye ASI eksklusif tersebut.

Kampanye ASI eksklusif dan pemecahan rekor Muri tersebut dibuka oleh Bupati Tangerang Ismet Iskandar. Menurut Ismet, pemberian ASI eksklusif kepada bayi selama enam bulan pertama sangat bermanfaat bagi bayi. Ismet juga mengingatkan bahwa di Kabupaten Tangerang sepanjang tahun 2007 terdapat 2.895 balita yang mengalami gizi buruk.

Kampanye ASI eksklusif tersebut juga diisi dengan seminar tentang manfaat ASI bagi bayi. Sejumlah artis pendukung sinetron Si Doel Anak Sekolahan juga ikut menyampaikan pemahaman tentang ASI eksklusif dengan gaya yang ringan dan kocak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com