Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliner Indonesia di Wajan Tanah Air

Kompas.com - 23/04/2008, 17:35 WIB

Menikmati kuliner dari seantero Indonesia di satu tempat? Mudah saja. Kini, ada satu tempat yang menyajikan beraneka ragam masakan asli Indonesia, mulai dari Sumatra hingga Papua. Mau pilih empek-empek, papeda, soto kwali, bebek goreng Surabaya?

Semuanya ada di Wajan-wajan Tanah Air (Wata) Kitchen yang terletak di basement Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan.

Tempat makanan ala foodcourt ini memang bertujuan untuk melestarikan masakan Indonesia. Menu-menu yang disajikan sebagian besar adalah rekomendasi dari pakar kuliner, Bondan Winarno.

Sebagian besar adalah representasi dari tempat-tempat makan yang sudah ngetop di Jakarta. Sebut saja, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Soto Ambengan Surabaya, Sop Kaki Kambing Mang Dudung Roxy, Kambing Bakar Madu, Tebet dan masih banyak lagi.

Bahkan, Mr. Mak Nyuss  (Bondan) ini juga membuka tiga gerai makanan spesial dari dapur rumahnya, Selad Solo, Pakde Maknyuss dan Warung Jenab.

Dari kawasan Indonesia Timur, ada aneka macam masakan Papua, seperti papeda, kuah asam gabus, juga aneka macam masakan Manado dari RM Tinoor. Ke daerah Jawa Timur, ada Sate Madura dan Bebek Goreng Surabaya.

Sementara, di Kalimantan, terdapat aneka masakan khas Gorontalo dan Palu. Lalu, di Jawa Tengah, ada selad solo, dan nasi liwet.

Menurut Titin, salah seorang pramusaji, restoran yang baru berdiri selama tujuh bulan ini, pada bulan-bulan pertama kehadirannya, sepi dari pengunjung. Namun, seiring berkembangnya waktu dan promosi yang dilakukan, kini, semakin banyak pengunjung yang datang.

"Dulu, orang belum tahu mbak, jadi sepi. Sekarang, setiap hari ramai, sudah banyak yang datang," katanya.

Tempat makan yang diresmikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik ini, juga ikut dalam program Visit Indonesia Year 2008. Jadi, tunggu apalagi? Buruan gih berburu masakan asli tanah air....

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com