Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samarinda, Gizi Buruk Kembali Ditemukan

Kompas.com - 02/04/2008, 23:02 WIB

SAMARINDA, RABU -  Seorang balita penderita gizi buruk kembali dirawat di RSUD AW. Sjahranie Samarinda, Kaltim, Rabu (2/4). Balita bernama Fitriani berusia 10 bulan itu, dirawat di RSUD AW. Sjahranie Samarinda sejak  31 Maret 2008 dengan berat badan 5,1 kilogram.
     
"Pasien masuk ke rumah sakit dengan berat badan hanya 5,1 kilogram dan  kesulitan menggerakkan badan, seperti tanda-tanda penderita gizi buruk," kata Humas RSUD, AW. Sjahrania Samarinda, dr. Nurliana Adriati Noor di Samarinda.  
     
Idealnya, berat badan anak perempuan usia 10 bulan sesuai standar yang dikeluarkan Depkes kata dr. Nurliana  adalah 6,9 kilogram. Sementara, berat badan anak penderita gizi kurang  5,9 kilogram. "Dia (Fitriani, red) dikategorikan sebagai penderita gizi buruk karena berat badannya jauh dibawah standar penderita gizi kurang. Setelah menjalani perawatan di rumah sakit selama dua hari, berat badan pasien bertambah dan saat ini sudah 5,5 kilogram,"katanya.

Catatan medis anak ketiga pasangan Muhammad dan Ainun itu kata Humas RSUD AW. Sjahranie itu cukup baik. Fitriani lahir dengan berat badan normal yakni 2,5 kilogram dan secara rutin memperoleh ASi dari ibunya.   

"Dari catatan KMS (Kartu Menuju Sehat) setiap bulan anak itu rutin diperiksa di Puskesmas. Berat badan Fitriani saat lahir juga normal, namun menurut keterangan ibunya, sejak berusia enam bulan anaknya sudah tidak mau makam. Kami juga masih mempelajari hasil diagnosa adanya gambaran kecil pada bahagian  kepala Fitriani, seperti anak penderita ’hydrocepalus’," ungkap dr. Nurliana.

Enam kasus gizi buruk yang ditangani RSUD AW. Sjahranie Samarinda kata dr. Nurliana sejak Februari hingga tanggal 2 April 2008. "Sebahagian pasien  mengalami peningkatan berat badan setelah menjalani peratawan di rumah sakit. Kasus Fitriani merupakan kasus gizi buruk keenam sejak Februari hingga April 2008,"ungkapnya.
     
Ditemui di RSUD AW. Sjahranie Rabu sore, Ainun, ibu Fitiriani mengaku, secara rutin memberi asupan ASI kepada anaknya. Namun, sejak berusia enam bulan, Fitriani sudah tidak mau makan sehingga hanya mengkonsumsi susu dan bubur dari puskesmas. "Saya tidak tahu kalau anak saya menderita gizi buruk sebab selama ini saya tetap memberinya ASI. Kedua anak saya yang lain kondisinya normal saja," ungkap Ainun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com