Kiat Hemat Mendongkrak Performa Motor

Kompas.com - 20/03/2008, 05:55 WIB
Editor

MEMILIKI  sepeda motor dengan performa yang sedikit lebih oke untuk digunakan sehari-hari adalah idaman sebagian orang. Karena itu  memodifikasi motor adalah hal yang tak terelakkan demi memperoleh kepercayaan diri dan kenyamanan yang kerap menjadi alasan orang melakukan hal tersebut.

Namun memodifikasi motor bukanlah perkara yang mudah mengingat biaya yang dibutuhkan cukup besar. Tapi jika dorongan hati untuk melakukan hal tersebut demikian kuat, berikut beberapa komponen yang dapat diganti agar dengan biaya yang relatif lebih murah Anda pun tetap bisa meningkatkan performa si kuda besi.

1. Mengganti knalpot. Sebagai langkah awal Anda bisa mengganti knalpot standar dengan knalpot racing atau free flow. Knalpot jenis ini memiliki jumlah sekat yang lebih sedikit di dalamnya sehingga hambatan angin dari dalam mesin akan berkurang dan otomatis membuat laju motor lebih bertenaga.

Sesuaikan kapasitas mesin dengan knalpot yang akan dipasang nantinya agar modifikasi ini bisa dirasakan lebih maksimal. Anda bisa bertanya pada penjual atau mereka yang lebih paham untuk urusan yang satu ini, meski sekarang sudah ada merek- merek knalpot yang mampu men-support motor tertentu. Satu hal yang harus diperhatikan adalah untuk tidak mudah tergiur dengan penampakan luar knalpot.

2. Memperbesar setelan spuyer dan main jet. Langkah ini harus dilakukan jika knalpot baru sudah terpasang. Kalau tidak usaha untuk meningkatkan performa motor sia-sia belaka karena kedua alat ini berfungsi untuk mengatur suplai bensin. Aturlah spuyer dan main jet sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan Anda, makin besar setelannya maka makin besar pula konsumsi bensin.

3. Mengganti gir. Ini merupakan langkah lain yang bisa dilakukan baik itu pada gir depan maupun gir belakang. Dengan prinsip yang sama seperti sepeda, bagi Anda yang ingin mendapat 'tarikan' yang panjang saat melaju gir belakang berukuran kecil misalnya dengan komposisi 33 - 14.

4. Gas spontan. Ini adalah langkah paling sederhana yang bisa dilakukan, dengan alat ini Anda tak perlu mengayun gas dalam-dalam karena dengan diameter yang lebih besar pada gas spontan, ayunan gas sedikit saja sudah membuat putaran mesin menjadi tinggi. (ASP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.