Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Kacamata untuk Berkendara

Kompas.com - 17/03/2008, 12:09 WIB

Menggunakan kacamata saat mengendarai sepeda motor sangat dianjurkan. Silaunya sinar matahari dan debu yang beterbangan menjadi alasan utama mengapa kacamata menjadi sangat signifikan bagi keselamatan pengendara.

Namun untuk memilih kacamata mana yang tepat saat mengendarai motor tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang patut diperhatikan -selain nilai estetika yang yang dianggap dapat menambah penampilan Anda menjadi semakin keren. Simak tips berikut: 

1. Pilihlah kacamata yang lensanya dilengkapi dengan lapisan ultra violet (UV). Hal ini dimaksudkan untuk menjaga mata Anda dari pengaruh negatif sinar matahari. Lagipula dengan adanya lapisan ini mata pun akan menjadi lebih nyaman.

2. Untuk jenis lensa, semua tergantung pada pilihan Anda. Jenis lensa yang banyak dijual di pasaran adalah polarized yang mampu menyerap sinar matahari hingga 98 persen; photochromic, di mana gelap terangnya lensa dipengaruhi oleh intensitas cahaya yang masuk, mirror atau flash coating yang mampu menyerap 10 - 60 persen cahaya, gradient coating yang seluruh kacanya terlapisi secara permanen, scratch resistant yang yang tahan goresan, dan yang terakhir adalah anti-reflective yang berkat lapisan metal oksida yang mampu memantulkan sekaligus menyerap sinar.

3. Di pasaran kini banyak tersedia lensa dengan berbagai macam warna. Pilihlah warna lensa yang sesuai dengan selera dan gaya Anda sendiri.

4. Demikian pula saat memilih rangka kacamata, pilihlah rangka yang sesuai dengan selera dan nyaman saat dikenakan. Satu hal yang patut diberi catatan adalah jika Anda hendak menggunakan helm tipe terbuka - tipe tiga per empat atau setengah - maka model rangka kacamata yang pas adalah satu keharusan agar nanti saat dikenakan tidak melorot. Tentu sangat merepotkan jika sebentar-sebentar kacamata Anda melorot bukan? Untuk itu pilihlah kacamata yang memiliki engsel yang cukup kuat.

Jadi sekarang tinggal pergi ke toko-toko kesayangan Anda, memilih kacamata yang cocok dan mulai bergaya di jalan raya. Selamat mencoba. (ASP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com