Memilih Kacamata untuk Berkendara

Kompas.com - 17/03/2008, 12:09 WIB
Editor

Menggunakan kacamata saat mengendarai sepeda motor sangat dianjurkan. Silaunya sinar matahari dan debu yang beterbangan menjadi alasan utama mengapa kacamata menjadi sangat signifikan bagi keselamatan pengendara.

Namun untuk memilih kacamata mana yang tepat saat mengendarai motor tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang patut diperhatikan -selain nilai estetika yang yang dianggap dapat menambah penampilan Anda menjadi semakin keren. Simak tips berikut: 

1. Pilihlah kacamata yang lensanya dilengkapi dengan lapisan ultra violet (UV). Hal ini dimaksudkan untuk menjaga mata Anda dari pengaruh negatif sinar matahari. Lagipula dengan adanya lapisan ini mata pun akan menjadi lebih nyaman.

2. Untuk jenis lensa, semua tergantung pada pilihan Anda. Jenis lensa yang banyak dijual di pasaran adalah polarized yang mampu menyerap sinar matahari hingga 98 persen; photochromic, di mana gelap terangnya lensa dipengaruhi oleh intensitas cahaya yang masuk, mirror atau flash coating yang mampu menyerap 10 - 60 persen cahaya, gradient coating yang seluruh kacanya terlapisi secara permanen, scratch resistant yang yang tahan goresan, dan yang terakhir adalah anti-reflective yang berkat lapisan metal oksida yang mampu memantulkan sekaligus menyerap sinar.

3. Di pasaran kini banyak tersedia lensa dengan berbagai macam warna. Pilihlah warna lensa yang sesuai dengan selera dan gaya Anda sendiri.

4. Demikian pula saat memilih rangka kacamata, pilihlah rangka yang sesuai dengan selera dan nyaman saat dikenakan. Satu hal yang patut diberi catatan adalah jika Anda hendak menggunakan helm tipe terbuka - tipe tiga per empat atau setengah - maka model rangka kacamata yang pas adalah satu keharusan agar nanti saat dikenakan tidak melorot. Tentu sangat merepotkan jika sebentar-sebentar kacamata Anda melorot bukan? Untuk itu pilihlah kacamata yang memiliki engsel yang cukup kuat.

Jadi sekarang tinggal pergi ke toko-toko kesayangan Anda, memilih kacamata yang cocok dan mulai bergaya di jalan raya. Selamat mencoba. (ASP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.