Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiduri Pelacur, Gubernur New York Minta Maaf

Kompas.com - 11/03/2008, 02:44 WIB

NEW YORK, SELASA - The New York Times, Senin, waktu setempat memberitakan bahwa Gubernur Eliot Spitzer telah menceritakan keterlibatannya dalam jaringan prostitusi kepada para penasihat seniornya.

Spitzer dijadualkan akan membuat pernyataan ini Senin sore, waktu setempat. Pejabat-pejabat Spitzer dikatakan tidak akan mengomentari cerita ini. Spitzer adalah seorang pria beristri usia 48 dengan tiga orang anak perempuan.

Detail mengenai keterlibatannya dalam jaringan prostitusi ini tampaknya tidak akan diungkapkan dengan jelas. Meski begitu, minggu lalu, para penyelidik federal di Manhattan mencatat adanya konspirasi yang dilakukan oleh empat orang yang didakwa menjalankan jaringan prostitusi yang menyokong para klien kaya di Eropa dan Amerika Serikat yang nilainya jutaan dollar.

Situs emperors Club VIP menayangkan foto-foto tubuh telanjang para pekerja prostitusi dengan wajah tertutup, dengan tarif yang rata-rata per jamnya seharga dengan satu berlian, harga terendah atau seharga tujuh berlian, yang merupakan tarif tertinggi. Rangking tarif tertinggi sekitar 5.500 dollar per jam. Demikian diungkapkan penyelidik ini.

Spitzer dikatakan, selama menjadi jaksa agung  telah dengan keras membasmi korupsi termasuk perang melawan Wall Street. Dia mulai memasuki kantor gubernur tahun 2006 dan Majalah Time menyebutnya sebagai "Pejuang Tahun ini" saat menjadi jaksa agung dan tabloid-tabloid menyebutnya sebagai "Eliot Ness."

Sayang, saat menjadi gubernur, beberapa masalah menimpanya, termasuk rencananya yang tidak populer untuk memberikan surat ijin mengemudi pada para imigran ilegal dan sebuah komplotan yang dilakukan ajudan-ajudannya untuk mencoreng nama pembela keadilan kaum Republik.

Spitzer diharapkan akan memberikan kesaksian pada Komisi Integritas Publik yang pernah dibentuknya untuk menjawab keterlibatannya pada skandal, dimana para ajudannya telah dituduh menyalahgunakan polisi pemerintah untuk mengumpulkan rekaman perjalanan demi mempermalukan  
pemimpin Senat Kaum Republik, Joseph Bruno.

Spitzer sebenarnya telah mengabdikan dirinya untuk dua hal sebagai jaksa agung yakni perjuangannya melawan kriminal dan kasus warga sipil seperti misalnya konflik kepentingan antara Wall Street dan badan hukum di Amerika. Dia sebelumnya telah menjadi seorang jaksa penuntut di Kantor Jaksa Distrik Manhattan dan menanangani kasus-kasus kriminal kelas atas.

Kasusnya sebagai jaksa agung termasuk di dalamnya pengejaran atas jaringan kriminal prostitusi dan prostitusi turisme.

Di tahun 2004, dia merupakan bagian dari tim penyelidik Kota New York yang telah menangkap 18 orang yang bertanggung jawab atas promosi prostitusi.

Source: AP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com