Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PHH Kota Bogor Tetap Potong Sapi, Cibinong dan Jonggol Tidak

Kompas.com - 20/02/2008, 21:05 WIB

BOGOR, RABU - Para pedagang daging di tiga pasar Kota Bogor tetap menjual komoditas daging sapi, Rabu. Sedangkan para pedagang daging di dua pasar besar di Kabupaten Bogor menutup kios dagingnya serta menempelkan selebaran berkop Asosiasi Pedagang Daging se-Jabodetabek, yang memohon pedagang daging untuk tidak berdagang selama tiga hari kedepan.

Sementara itu Kepala UPTD Rumah Potong Hewan Kota Bogor Sarif Hidayat mengatakan Selasa malam RPH-nya masih memotong sekitar 30 ekor sapi. Adapun Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Ikan, Dinas Perternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor, Soetrisno, men gungkapkan, RPH Cibinong Selasa malam tidak melakukan pemotongan hewan sedangkan RPH Galuga hanya memotong satu ekor kerbau.

Sepanjang siang tadi kami ke pasar-pasar, daging tetap mereka jual. Dari pembicaraan dengan para pedagang ternak dan daging, tidak ada rencana mereka untuk tidak memotong (sapi) Rabu malam ini, kata Sarif, kemarin sore.

Menurut Sarif, RPH-nya memotong 30 sampai 40 ekor sapi per hari. Sebanyak 70 persennya adalah untuk memenuhi kebutuhan pedagang bakso. Saya juga tidak menerima surat atau apapun dari APD se-Jabodetabek itu. Begitu juga para pedagang daging di Kota Bagor, tidak ada yang terima surat imbauan untuk tidak berdagang dari APD. "Memang tadi pagi ada anggota APD dari Bandung yang datang ke Pasar Anyar dan Bogor membagi-bagikan kaus dan mengajak demo ke Jakarta," katanya.

Edi (43), pedagang daging di Pasar Jambu Dua Kota Bogor, menuturkan, ia dan rekannya sesama pedagang daging di pasar tersebut tetap berjualan. Bos saya masih mengirim stok daging. Sehari saya bisa menjual 30 kilogram daging. Memang sekarang keuntungan sangat tipis. Tiap hari harga beli naik terus karena harga sapinya naik. Sedangkan harga jual ke kosumen tidak bisa dinaikan. Harga daging sebetulnya harus Rp 52 ribu per kg . Sekarang mau jual Rp 48.000 per kg saja susah, kata warga Ciomas itu.

Di Kota Bogor, harga daging sapi hidup pada awal Februari masih Rp 17.000 sampai Rp 18.000 per kilogram. Sekarang mencapai Rp 18.500 sampai Rp 20.000 per kilogram. Sedangkan harga karkas (daging berikut tulang sapi hasil potong) pada awal Februari berkisar Rp 40.000 sampai Rp 42.000 per kilogram. Saat ini harga daging karkas mencapai Rp 45.000 sampai Rp 48 ribu per kilogram.  

Kepala Dinas Peridagangan, Perindustrian, dan Koperasi Kota Bogor, Rafinus Sukri, juga memastikan komoditas daging di pasar-pasar di Kota Bogor akan tetap tersedia. Tidak ada larangan orang untuk berdagang daging. Kalau ada orang-orang tertentu yang melarang apalagi sampai menyita daging para pedagang di pasar, justru orang itu telah melangar hukum." RPK kami setiap harinya memotong sapi 30 sampai 40 ekor, " katanya.

Adapun komoditas dagings api di Kabupaten Bogor, Rabu kemarin memang langka. Sekitar tiga puluh kios daging di Pasar Cibinong menutup gerainya da n pada setiap tiang kios, tertempel selebaran berkop APD se-Jabodetabek, imbauan untuk tidak berdagang daging selama tiga hari mulai kemarin. Hal yang sama juga terjadi pada pedagang daging di Pasar Citereup.

Halim (53), salah seorang pedagang daging di Pasar Cibinong, menuturkan, harga beli daging sapi saat ini sudah benar-benar tinggi. Saya dagang gading sudah delapan tahun lebih, baru kali ini harga daging menyusahkan pedagangnya, kata dia.

Awal Februari, kata Halim, harga daging karkas masih dibawah Rp 40.000 per kilogram, sekarang enggak kurang dari Rp 50.000 per kilogram. Begitu juga harga daging sapi hidup, sekarang sudah Rp 23.000 per kilogram, padahal dulunya masih bisa Rp 17.000 sampai Rp 18.000 per kilogram, katanya bersungut-sungut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com