Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penurunan Kematian Ibu dan Bayi Tetap Jadi Prioritas

Kompas.com - 20/02/2008, 15:40 WIB

JAKARTA, RABU - Program penurunan Kematian Ibu dan Bayi masih menjadi prioritas di sektor Kesehatan pada tahun 2008 karena program ini merupakan ukuran Milenium Development Goals, sekaligus ukuran pembangunan sektor kesehatan. Demikian disampaikan Presiden Bambang Yudhoyono dalam konferensi pers usai mengikuti Rapat Terbatas Bidang Kesehatan di gedung Depkes, Jakarta, Rabu, (20/2).

"Yang harus kita sukseskan adalah upaya menurunkan secara terus-menerus angka kematian Ibu dan angka kematian bayi. Ini juga merupakan ukuran dari Millenium Development Goals dan ukuran pembangunan sektor kesehatan," ujar presiden. Untuk mendukung program ini, pemerintah akan meningkatkan sistem transfusi darah, terutama menyangkut ketersediaan darah yang dibutuhkan saat terjadi permasalahan dalam proses persalinan dan terus melanjutkan program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi.

Selain penurunan kematian ibu dan bayi, prioritas di sektor kesehatan tahun 2008 lainnya adalah revitalisasi program Keluarga Berencana (KB), peningkatan jumlah dan mutu sumber daya manusia di bidang kesehatan,penyediaan obat dan perbekalan kesehatan, pemberantasan penyakit menular, seperti malaria, demam berdarah dan flu burung, serta pengintesifan program perbaikan gizi masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com