Teh Cegah Plak di Pembuluh Darah

Kompas.com - 19/02/2008, 13:40 WIB
Editor

PARIS, SENIN - Teh memang sudah sejak lama dikenal berkhasiat untuk menjaga kesehatan.  Menurut penelitian, setidaknya terdapat 450 senyawa dalam teh mulai dari kafein, berbagai jenis antioksidan dan vitamin yang diketahui bermanfaat bagi tubuh.

Telah banyak bukti penelitian yang mengungkapkan betapa kebiasaan meminum teh akan membuat Anda tetap sehat dan bugar.  Salah satunya adalah riset baru di Prancis, yang membuktikan bahwa teh sangat bermanfaat menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung, khususnya bagi para wanita.

Dr Mahmoud Zureik dan koleganya dari Riset Medis Institut Nasional Prancis, Senin (18/2) melaporkan temuan bahwa wanita dewasa yang meminum teh akan memperoleh proteksi dari risiko pembentukan plak dalam pembuluh arteri pada leher, sehingga kecil kemungkinannya mengidap penyakit stroke dan jantung.

Wanita yang mendapat proteksi lebih terhadap pembentukan plak ini adalah mereka yang meminum sekurangnya tiga cangkir teh setiap hari.  Seperti yang dimuat dalam jurrnal Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Biology,  perlindungan terhadap pembentukan plak tercatat lebih besar pada wanita yang rajin minum teh ketimbang mereka yang minum sedikit saja.


Untuk sampai pada kesimpulan, Zureik dan timnya menganalisis hasil pengukuran plak arteri karotid dengan menggunakan ultrasound pada 2613 pria dan 3984 wanita yang rata-rata berusia 73 tahun.  Peneliti juga melakukan wawancara personal kepada partisipan antara tahun 1999 hingga 2001 untuk mengetahui kebiasaan meminum teh, makanan, sejarah mengidap penyakit.   

Setelah dianalisa, peneliti menemukan adanya plak karotid  pada sekitar 44 persen dari wanita yang tidak meminum teh, sebanyak 42,5 persen yang meminum satu hingga 2 cangkir per hari, dan hanya 33,7 persen yang meminum 3 cangkir atau lebih setiap hari.

Peneliti mencatat, hubungan antara minimnya kasus plak karotid dengan peningkatan konsumsi teh per hari tidak terpengaruh atau terbebas dari sejumlah faktor seperti kebiasaan makan, faktor risiko penyakit vaskuler, usia, wilayah tempat tinggal, dan tingkat pendidikan.   

Satu hal lain yang tak kalah penting adalah hubungan konsumsi teh dengan pembentukan plak di arteri tidak ditemukan pada pria. ¨Tidak ada hubungan antara konsumsi teh dengan pembentukan plak karotid pada pria,¨ ungkapnya.

Dalam riset ini, peneliti tidak mengumpulkan data tentang jenis teh yang dikonsumsi atau pun durasi meminum teh di antara partisipan. Peneliti pun tidak dapat memastikan mengapa hubungan yang muncul hanya terbatas pada wanita dan tidak pada pria,
      



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X