Jus Buah Imlek

Kompas.com - 06/02/2008, 17:31 WIB
Editor

Selain warnanya yang kuning-oranye cocok dengan nuansa perayaan yang dominan warna merah dan kuning yang menandakan optimisme akan kemakmuran dan kebahagiaan, jeruk juga mudah tumbuh di hampir semua negara, dengan buah sangat banyak.

Dari sisi kesehatan, jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat bagus, dan sangat diperlukan untuk daya tahan tubuh. Dari sebuah jeruk, sebetulnya kita sudah dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C dalam kondisi normal. Bila tubuh terasa kurang fit, lemah, dan hampir terkena flu, kita bisa mengonsumsi jeruk dalam jumlah lebih banyak. 

Jeruk juga banyak mengandung mineral potasium. Kekurangan potasium antara lain dapat dikenali dari mudah bingung, mudah tersinggung, lemah, gangguan pada jantung, dan problem pada saraf dan kontraksi otot (kedutan).

Selain pada jeruk, potasium juga terdapat sangat banyak pada almon, kacang, kedelai, alpukat, pisang, wortel, tomat, pepaya, apel, nanas, dan lain-lain.
Berikut ini beberapa ide jus sambil memanfaatkan buah-buahan yang banyak mewarnai perayaan Imlek.

Jus Jeruk Pisang
Bahan:

3 buah jeruk mandarin lokam/ponkam
1 buah pisang meja
1 mangkuk nanas potong

Cara membuat:
Jeruk dikupas, dibuang bijinya, lalu dijus bersama nanas menggunakan juicer. Tuangkan ke dalam blender, masukkan pisang yang telah dipotong-potong berikut beberapa butir es batu, haluskan. Cara lain: jeruk diperas, tuangkan ke dalam blender bersama nanas dan pisang yang telah dipotong serta es batu, haluskan. Tuangkan ke dalam gelas, siap diminum

Jus Jeruk Apel
Bahan:

3 buah jeruk mandarin lokam/ponkam
1 buah apel fuji
1 pir xangdong (kuning)

Cara membuat:
Semua bahan dicuci bersih, jeruk dikupas dan dibuang bijinya. Pir dan apel dipotong-potong. Untuk mengambil sarinya, gunakan juicer. Cara lain: jeruk diperas, tuangkan ke dalam blender, masukkan potongan apel, pir, dan es batu, haluskan sampai lembut. Tuangkan ke dalam gelas, siap diminum. 

Jus Jeruk Nanas
Bahan:

3 buah jeruk mandarin lokam/ponkam
1 mangkuk nanas potong
1 buah apel fuji

Cara membuat:
Semua bahan dicuci bersih, jeruk dikupas dan dibuang bijinya. Potong apel dan nanas sesuai kebutuhan, lalu masukkan satu persatu bahan ke dalam juicer. Tuangkan ke dalam gelas, siap diminum. Cara lain: jeruk diperas, tuangkan ke dalam blender. Tambahkan potongan nanas, apel, dan es batu, haluskan. Tuang ke dalam gelas, siap diminum.

Source: Gaya Hidup Sehat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.