Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Dahsyat Tewaskan 16 Orang

Kompas.com - 23/01/2008, 23:40 WIB

BAGHDAD, RABU - Bom berkekuatan besar menewaskan paling sedikit 16 orang tewas dan melukai 70 orang lain di Mosul, Irak, Rabu.

Sebagian korban terdiri dari perempuan dan anak-anak termasuk karena bom tersebut meledak di permukiman. Warga bersaksi, ledakan bom tersebut sangat dahsyat. Debu dan asap sampai terlihat membubung tinggi di daerah ledakan.

Brigadir Jenderal Abdul Kareem al-Jubouri, kepala polisi Mosul police, menjelaskan, polisi mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada sejumlah besar bahan peledak disimpan di sebuah bangunan kosong berlantai tiga di permukiman kota itu yang teletak 390 km dari Baghdad.

Atas info tersebut, polisi lantas bergerak ke lokasi. "Namun, para pengacau tahu bahwa kami mendatangi tempat itu, sehingga mereka meledakkannya sebelum kami sampai ke lokasi," katanya.

Mosul yang merupakan ibukota Provinsi Nineveh jarang mengalami gangguan dari para pemberontak. Diduga para pemberontak tersebut akan menggunakan Mosul sebagai basis setelah sejak beberapa pekan terakhir pasukan AS dan Irak melakukan ofensif terus-menerus di basis-basis pemberontak Al Qaeda.

Semenjak pasukan AS dan Irak melabrak basis mereka di Provinsi Anbar di wilayah barat, jumlah kekerasan bersenjata dan serangan bom kontan menurun drastis, sampai 60 persen dibandingkan Juni 2007. Dalam dua hari terakhir ini pasukan AS menggempur basis mereka di wilayah Irak Utara, yang menewaskan 20 orang yang dicurigai anggota Al Qaeda.(AFP/Put)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com